Assesment Test, Seleksi Terakhir PAG untuk Dapatkan Calon Perwira Berjiwa Pemimpin

Mataram – Setelah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan, calon peserta PAG yang tersisa sebanyak 53 orang, hari ini, Senin (30/10) dijadwalkan melaksanakan rangkaian terakhir seleksi Pendidikan Alih Golongan Polri tahun anggaran 2017, yakni Asessement Test.

Ditemui di ruang kerjanya, Kabag Dalpers (pengendalian personil) Biro SDM Polda NTB AKBP Sajimin menjelaskan, Asessement Test dilaksanakan untuk menyaring personil yang memiliki jiwa kepemimpinan.

“Kita kan mau alihkan golongan bintaranya menjadi perwira, kalau sudah sebut kata perwira itu berarti identik dengan kepemimpinan, jadi melalui assessment test ini, kita bisa mengetahui para calon pemimpin terbaik,” ujarnya saat diwawancara.

Juga dia sebutkan, melalui Asessement Test, panitia dapat mengetahui potensi calon perwira kelak saat bertindak mengambil keputusan terhadap tugas atau kesatuan yang akan dipimpin.

“Melalui tes ini kita gali potensi masing-masing calon peserta PAG untuk bisa berfikir analisis, cara menerawang mereka seperti apa sebelum mengambil keputusan,” tukasnya.

Dia jelaskan, sistem seleksi dalam Asessement Test tidak langsung menggugurkan para calon peserta, karena nilai dari hasil Asessement Test masih harus dikombinasikan dengan hasil pemeriksaan psikologi, baru kemudian akan dilakukan perankingan.

“Besok pagi (31/10) akan diumumkan dan diperiksa langsung di hadapan para calon peserta PAG,” ujarnya.

Kabag Dalpers ungkapkan, sidang kelulusan tingkat daerah akan dilakasankan sehari setelah pengumuman tes terakhir, Lusa (1/11).

“Lusa, Hari Rabu, sidang kelulusannya, kemudian nanti tanggal 20 November sudah mulai buka pendidikan bertempat di SPN Belanting Polda NTB,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close