Apes Pada Aksi Ke 8, Komplotan Begal Ini Akan Digiring Polisi ke Meja Hijau

Para pelaku yang tertangkap
Para pelaku yang tertangkap

Praya – Berakhir sudah petualangan JH (17), PP (20), TR (27), ME (21) dan RR (18) dalam kancah begal-membegal para wisatawan di kawasan wisata Pantai Kuta dan sekitarnya setelah terciduk oleh aparat Kepolisian pada Sabtu (28/10). Kelimanya terciduk beberapa saat setelah melancarkan aksi begalnya yang ke 8 dengan korban seorang wisatawan asing berkebangsaan Jerman.

Bermula saat keapesan melanda JH dan PP dalam aksinya membegal seorang Bule cantik. Mereka mengira karena korbannya yang merupakan perempuan bule ini tidak akan melawan. Namun dengan modal kenekatan karena tas yang berisi barang-barang berharganya telah dirampas, bule yang dilansir bernama Michele (23) nekat menabrakkan motornya hingga membuat para pelaku terjungkal. Sayangnya, disaat yang bersamaan pelaku berhasil melarikan diri. Berbekal dari keterangan korban, Anggota Polsek Kuta dan Tim Resmob yang kebetulan sedang berada disekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) langsung memburu pelaku hingga tertangkap.

“Terlebih dahulu kami menangkap pelaku kasus begal yaitu saudara JH dan PP, setelah pengembangan ketiga penadahnya pun mengikuti,” jelas AKP Rafles P Girsang SIK.

5 orang yang tergabung dalam satu komplotan pembegal ini ternyata sudah memiliki tugas masing-masing. Dua orang menjadi “si pemburu” (pembegal) dan 3 lainnya adalah pengepul barang hasil curian (penadah). Dalam menentukan target kelimanya bisa dibilang pilih-pilih, korban-korbannya rata rata memiliki barang berharga senilai diatas jutaan Rupiah.

AKP Raples membeberkan 8 TKP begal yang pernah didalangi oleh kelima orang ini:

  1. Jalan Raya Aik Lengis dengan kerugian senilai lebih dari 13 Juta Rupiah
  2. Jalan Raya Merendeng kerugiannya ditaksir sekitar 20 Juta Rupiah
  3. Jalan Raya Merendeng korban merugi senilai 30 Juta Rupiah
  4. Jalan Raya Dusun Batu Riti dengan merugikan korban sekitar Belasan Juta Rupiah
  5. 3 kali pembegalan di Jalan Raya Rangkap kerugian dapat ditaksir sebesar Jutaan Rupiah
  6. Jalan Raya Bangkang pelaku berhasil mendapatkan iphone 4 atau senilai dengan 2-3 Juta Rupiah

Kelimanya saat ini sedang menjalani pemeriksaan yang intensif di Mapolres untuk melakukan pengembangan dan juga mempercepat proses penggiringan para pelaku ke Meja Hijau.

Penulis: Rozian

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close