Terisolir, Dusun Ini Mendapatkan Bantuan Air Bersih Lewat Jalur Laut

Sekotong – Hujan yang sudah mulai turun akhir-akhir ini, belum dirasakan dampaknya oleh Masyarakat Pesisir di Dusun Telegok Desa Sekotong Barat Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Dusun yang terletak di pesisir Desa Sekotong Barat ini, kondisinya sangat memprihatinkan. Letaknya yang terisolir serta belum tersedianya fasilitas air bersih di wilayah itu. Jangankan fasilitas air bersih, untuk mencapai lokasi ini saja belum dapat diakses kendaraan roda empat karena masih berupa jalan setapak saja.

“Untuk memenuhi bahan kebutuhan pokok masyarakat, mereka masih menggunakan jalur laut,” ungkap Kapolsek KP3 Lembar Ipda Jasa Yulianto saat kegiatan bantuan Sosial di Dusun Telegok.

Kapolsek mengatakan bahwa kegiatan Bantuan Sosial ini berawal dari koordinasi Direktorat Polair Polda NTB dengan Kapolsek Kawasan pelabuhan Lembar, untuk bersama-sama memberikan Bantuan air bersih kepada Masyarakat Dusun Telegok Sekotong yang mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Kegiatan Bantuan Sosial disambut baik oleh Kapolsek, serta siap memberikan dukungan personel maupun sarana pendukung lainnya. Tidak hanya itu saja, dukungan juga datang sebuah sebuah Yayasan Sosial yaitu Murad Foundation yang turut mengambil bagian dalam kegiatan ini. Hal ini di ungkapkan oleh Bhabinkamtibmas Desa Jembatan Kembar Lembar Bripka Suryawan yang juga aktif dalam membantu kegiatan sosial di Yayasan ini.

“Berkat dukungan semua pihak, akhirnya kegiatan Bantuan Sosial ini terwujud untuk menyalurkan air bersih dan bantuan lainnya yang dibutuhkan masyarakat,” imbuh Kapolsek.

Dengan menggunakan jalur laut, akhirnya personel Direktorat Polair Polda NTB, Kapolsek KP3 Lembar beserta anggota dan anggota yayasan Murad Foundation tiba di Dusun Telegok Desa Sekotong Barat (28/10). Bantuan berupa air bersih serta buku paket sekolah, Al-Qur’an, dan Iqro langsung disalurkan kepada Masyarakat. Dalam kesempatan itu juga, Masyarakat menyampaikan keluh kesah tentang kesulitan yang dialami Masyarakat kepada Kapalsek.

Kapolsek mengatakan bahwa Masyarakat dusun Telegok menginginkan bantuan agar dibuatkan sumur bor, karena lokasi dusun ini agak lebih tinggi dari permukaan air laut, sehingga kualitas airnya juga lebih baik.

“Menindaklanjuti keinginan Masyarakat ini, kami mendorong pihak Yayasan dan pihak-pihak lainnya yang bersedia membantu, untuk bersama-sama membuatkan sumur bor. Sehingga masyarakat terbantu untuk  mendapatkan air bersih,” ungkap kapolsek menaggapi keinginan masyarakat.

Hal senada juga disampaiakon oleh Bripka suryawan, bahwa lebih efektif dibuatkan sumur bor untuk masyarakat, daripada menyalurkan air lewat jalur laut. Ini dinilai lebih efisien, sehingga Biaya operasional mengangkut air dapat digunakan untuk bantuan lainnya yang dibutuhkan Masyarakat.

“dari pihak yayasan mengatakan bahwa akan diupayakan untuk dibuatkan sumur bor untuk masyarakat, dan akan dibicarakan dengan Posko Bersama. Sehingga keinginan masyarakat untuk mendapatkan sumur bor lebih cepat terwujud,” Bripka Suryawa menambahkan.

Kegiatan Bantuan ini berlangsung lancar, dan masyarakat sangat mengharapkan sumur bor untuk mereka bisa terwujud secepatnya. Ag.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close