SPN Polda NTB Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun

Waka SPN Polda NTB (Kompol I Nyoman Suryawan)

Belanting – Staf SPN Polda NTB beserta siswa Pendidikan Pemebentukan Bintara Polri Tugas Umum T.A. melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke- 89 di lapangan depan mako SPN Polda NTB, Sabtu (28/10). Upacara yang dimulai tepat pada pukul 07.00 Wita itu berjalan dengan tertib dan hikmat. Adapun selaku irup pada upacara tersebut adalah Waka SPN Polda NTB, Kompol I Nyoman Suryawan.

Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat kemerdekaan untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Selain itu Sumpah Pemuda juga merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Jika dihubungkan dengan proses pendidikan yang sedang dilaksanakan oleh siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tugas Umum T.A. 2017, momentum memperingati hari Peringatan Sumpah Pemuda ini sangatlah penting. “Dengan dilaksanakannya upacara ini secara tidak langsung para siswa yang merupakan pemuda generasi penerus bangsa mengimplementasikan rasa semangat dan bangga menjadi bagian dari pemuda Indonesia, “tutur Waka SPN Polda NTB, disaat setelah berlangsungnya upacara.

Sebagai siswa/seorang pelajar, sudah barang tentu menghargai perjuangan pemuda dan pemudi yang menjadi pahlawan dalam mengawali perjuangan kemerdekaan. Bentuk penghargaan itu tidak harus diberikan hanya secara materiil, tetapi juga dapat diberikan melalui dukungan moral. “Untuk para siswa bintara yang saat ini sedang menempuh pendidikan selama 7 bulan, selain melalui peringatan upacara ini, mereka juga dapat menerapkannya dengan cara serius dan semangat serta berlomba-lomba untuk meraih prestasi selama berlangsungnya pendidikan,”tambahnya.

Perwakilan siswa pada saat membacakan teks Sumpah Pemuda

“Sesungguhnya implementasi akan cinta tanah air yang terkandung dalam Sumpah Pemuda ini sudah didapatkan oleh para siswa Diktuk Bintara Polri Gasum T.A. 2017 pada mata pelajaran Bela Negara, khususnya materi mengenai Kensepsi Kebangsaan dan Cinta Tanah Air,”tutup Waka SPN Polda NTB.

Berdasarkan itu semua para siswa SPN Polda NTB sudah mendapatkan pengetahuan mengenai kebangsaan dan cinta tanah air yang merupakan wujud dari Sumpah Pemuda itu sendiri dan mereka juga sudah melaksanakan semangat perjuangan sebagai pemuda Indonesia di lingkungan Sekolah Polisi Negara Polda NTB melalui pelaksanaan upacara bendera dan hari besar nasional serta rasa kecintaannya akan produk-produk dalam negeri. (tgh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close