Polisi : Efek Lingkaran Curanmor Pengaruhi Situasi Kamtibmas

Karo Ops Polda NTB Kombes Pol. Dewa Putu Maningkajaya

Mataram – Masalah pencurian kendaraan bermotor merupakan jenis kejahatan yang selalu menimbulkan gangguan dan ketertiban masyarakat. Kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang sering disebut curanmor, ini merupakan perbuatan yang melanggar hukum dan diatur dalam KUHP.

Beberapa rangkaian sebab akibat dari curanmor tersebut diungkapkan Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda NTB Kombes Pol. Dewa Putu Maningkajaya, masih ada rangkaiannya dengan kejahatan lainnya yang serupa.

“Curanmor itu ada grupnya, kalau tidak pemakai narkoba, ya itu, judi,” ungkapnya pada apel pagi, di lapangan Gajah Mada Polda NTB, Kamis (26/10).

Menurut Karo Ops, hal itu disampaikan melihat dari banyak kejadian dan pengakuan dari para pelaku tindak pidana curanmor yang berafiliasi dengan pelaku tindak pidana lainnya, seperti narkoba dan judi.

“Saya tentunya ada dapat informasi, saya ingatkan lagi, ayo diungkap,” tandasnya.

Hal itu menjadi perhatian khusus olehnya, lantaran kamtibmas kondusif yang sudah terbangun ditengah masyarakat bisa menjadi terganggu, “Ini tolong jadikan perhatian, karena efeknya besar untuk kamtibmas,” tambahnya.

Ditegaskan juga, tidak ada personil Polri atau PNS Polri khusus di Polda NTB ikut terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam tindak kejahatan serupa, “Sekali kali jangan ada anggota yang terlibat dalam lingkaran curanmor,” tegasnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close