Pengawasan Air Soft Gun di NTB

Mataram, Dengan meningkatnya penggunaan dan penjualan  senjata jenis air soft gun oleh masyarakat khususnya di wilayah NTB, pihak kepolisian akan terus melakukan penertiban terhadap pemilik air soft gun. Kegiatan tersebut berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2012 tanggal 27 Februari 2012 tentang pengawasan dan pengendalian senjata api peruntukan olahraga/perbakin.

Adapun pengertian air soft gun sesuai dengan peraturan Kapolri adalah benda yang bentuk, system kerja dan/atau fungsinya menyerupai senjata api yang terbuat dari bahan plastik dan/atau campuran yang dapat melontarkan ball bullet (BB).

Air Soft Gun merupakan jenis senjata yang hanya digunakan untuk kepentingan olahraga menembak reaksi. Apabila air soft gun disalahgunakan seperti melakukan pengancaman terhadap seseorang, melakukan aksi pencurian maupun tindak kejahatan lainnya maka akan diproses sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku karena senjata tersebut merupakan senjata olahraga dan dilarang menembakkan senjata tersebut diluar lokasi latihan/pertandingan. Namun banyak masyarakat yang menyalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Oleh sebab itu, pihak kepolisian akan melakukan pengawasan sekaligus menertibkan penggunaan senjata air soft gun.

Disarankan bagi masyarakat yang memiliki senjata sir soft gun agar melapor ke pihak kepolisian baik di Polda maupun Polres setempat untuk dilakukan pendataan dan pengecekan terhadap senjata air soft gun yang dimiliki. Adapun maksud dari kegiatan tersebut untuk memimimalisir terjadinya penyalahgunaan senjata air soft gun oleh oknum masyarakat untuk kepentingan tertentu mengingat senjata tersebut sekilas sangat mirip dengan senjata api. Namun masyarakat dapat membedakan senjata api dengan air soft gun melalui lubang laras, untuk senjata api lubang larasnya besar sedangkan air soft gun kecil (sebesar pelor). Saat ini di wilayah NTB sudah ada beberapa club air soft gun antara lain CDSD, SEAL, GBAC dan BWAS yang telah melaporkan anggotanya ke pihak kepolisian guna dilakukan pendataan. (IK)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close