Hati Hati Bertindak, Polisi Salah Cara Bisa Dituntut, Gagal Bertugas Dicemooh

Kepala Biro Operasional Polda NTB Kombes Pol. Dewa Putu Maningkajaya saat memberikan arahan

Mataram – Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda NTB Kombes Pol. Dewa Putu Maningkajaya menjelaskan kepada seluruh personil, Kamis (26/10) bahwa cara bertindak anggota kepolisian harus dilakukan dengan koordinasi atau tidak bergerak sendiri, terutama dalam operasi penangkapan.

Kerjasama tim sangat dibutuhkan agar operasi terlaksana dengan baik.

“Semuanya ada SOP – nya, baik taktis maupun teknis, misalnya operasi penangkapan DPO, harus ada koordinasi,” ujar Karo Ops.

Diingatkan jangan asal-asalan. “Kita ini banyak terikat peraturan, salah cara kita dituntut, gagal bertugas kita dicemooh. Jadi tolong diperhatikan tata caranya,” imbuhnya.

Karo Ops sampaikan, jika memang dinilai perlu, segala bentuk operasional kepolisian dapat diperkuat dengan bantuan Satker lain.

“Kita ini satu kesatuan, jika pelaksanaan tugas tersebut memerlukan bantuan, bisa minta ‘back up’, karena yang dilihat bukan satker mana yang sukses melaksanakan tugas, tapi Polrinya,” tukas Karo Ops.

Dijelaskan Karo Ops, gerak-gerak polisi saat ini selalu dimonitor publik, selain karena harapan besar publik yang tertumpu di pundak setiap anggota, juga karena ada niat buruk sebagian orang tak bertanggung jawab yang menginginkan institusi Polri jatuh.

“Apapun sekarang gampang viral, jangan sampai ada kecerobohan kita dalam bekerja, yang tadinya niat bagus ingin melaksanakan tugas, tapi karena kurang koordinasi malah gagal bahkan membuat malu institusi, jangan sampai seperti itu,” tutur Karo Ops. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close