Dirreskrimsus Polda NTB: Hati-hati Menggunakan Medsos

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda NTB saat memberikan arahan kepada anggota Rabu,(25/10)

Mataram – Kepada seluruh anggota, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda NTB menghimbau, menggunakan media sosial (medsos) agar lebih berhati-hati, karena tanpa disadari hanya mengcopy paste dan mem-foward informasi yang belum tentu kebenarannya, bisa berdampak buruk dan bahkan berhadapan dengan hukum.

“Penggunaan media sosial yang tidak bijak akan menyebakan ketidaknyamanan, dan bahkan membuat kegaduhan serta akan berujung pada konsekwensi hukum yang harus dihadapi” Imbuhnya.

Dia melanjutkan, agar penggunaan medsos lebih kepada sesuatu yang baik dan positif serta dan dapat dipertanggungjawabkan, seperti untuk pelayanan kepada masyarakat yang lebih optimal dan yang paling penting adalah hindari informasi hoax.

“Karena bagaimana pun juga perkembangan dan kemajuan Iinformasi dan Teknologi tidak boleh mengabaikannya namun yang pasti harus dihadapi, oleh karenanya agar berwawasan yang luas sehingga tidak memicu konflik” pungkasnya.

Menurutnya, memasuki tahun politik 2018/2019, banyak kalangan memprediksi sebagai tahun panas, dan akan banyak informasi yang berkembangan yang cenderung mengganggu rasa aman, diantaranya postingan yang negatif  tentang ketokohan  dan isu miring lainnya. Karena menurutnya, Isu negatif biasanya menjadi lebih mudah mendapat komentar miring, dan menjadi isu disukai banyak orang.

“Terkait Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atau Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum, setelah ada revisi ancaman hukuman pidana terhadap pelanggaran masih bervariatif, ada yang 4 tahun dan ada yang 5 tahun” imbuhnya.

Oleh karenanya Anom berharap, agar siapapun terutama anggota Polri agar mensosialisasikan UU ITE pada segenap keluarga, masyarakat dan seluruh kalangan untuk mentaatinya. (*jo)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close