Guna Jalannya Pilkades Yang Aman, Polres Lotim Lakukan Rapat Koordinasi

23 Oktober, 2017
31 Views

PIHAK POLRES LOTIM BERSAMA DENGAN ANGGOTA KODIM 1615 SERTA UNSUR TERKAIT SAAT MELAKUKAN RAPAT KOORDINASI

Selong – Sebanyak 159 desa di Lombok Timur akan mengikuti pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang pemungutan suaranya dilakukan pada 13 Desember mendatang. Sejumlah tahapan pelaksanaan pilkades serentak sudah dilalui. Termasuk, penetapan calon kepala desa dan nomor urut calon. Namun, di antara 159 desa tersebut, ada 18 desa yang jumlah bakal calon kepala desanya yang sudah mendaftar lebih dari 5 orang. Oleh karena itu, sesuai peraturan yang berlaku, maka dilakukan tes untuk menentukan 5 calon kepala desa yang berhak mengikuti pilkades.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan menjelang dilakukannya tahapan tes bagi bakal calon kepala desa tersebut. Pada Sabtu (21/10) kemarin, telah dilakukan rapat kordinasi pihak terkait di Gedung Dharma Polres Lombok Timur. Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur, H. Juwaeni Taofik mewakili Pemerintah Daerah Lombok Timur, Kapolres Lombok Timur diwakili Kabag Ops, Kompol Syafrudin bersama Kasat Intelkam dan Kasat Sabhara, Dandim 1615 Lombok Timur diwakili Kasdim, Edi Gustaman, para camat, Danramil, Kapolsek se-Lombok Timur. Termasuk, panitia pilkades dari 18 desa yang akan melaksanakan tes bagi bakal calon kepala desa.

Dalam kesempatan ini, Syafrudin mengharapkan agar aparat keamanan dapat menggalang bakal calon kepala desa yang tidak lolos menjadi calon usai dilakukan tes agar mau menerima hasil keputusan panitia pilkades. Sehingga, tidak terjadi keributan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Timur, H. Juwaeni Taofik memaparkan bahwa secara umum tahapn-tahapan pilkades serentak tahap II tahun ini berjalan dengan baik. Hanya saja, ada 18 desa yang sedikit harus mendapatkan perhatian serius karena jumlah bakal calon kepala desanya lebih dari standar 5 orang yang sudah ditetapkan peraturan yang berlaku. Terhadap 18 desa ini, maka harus dilakukan seleksi kembali untuk menentukan 5 calon kepala desa yang berhak mengikuti pilkades.

Untuk tahapan seleksi ini, sebenarnya segala ketentuan sudah tercantum dalam peraturan bupati. Panitia pilkades tinggal mengacu pada ketentuan tersebut. Namun tentunya, tidak menuntut kemungkinan adanya pihak-pihak yang merasa tidak dengan keputusan panitia. Hal inilah yang harus diantisipasi sebaik mungkin oleh pemerintah dengan bantuan aparat keamanan.

Adapun, perwakilan dari Kodim 1615 Lombok Timur menghimbau agar panitia pilkades dapat bertindak netral. Meskipun, ada anggota panitia yang memiliki hubungan kekeluargaan dengan bakal calon. Dan sebagai langkah mengantisipasi bocornya soal tes seleksi, pihaknya akan terus melakukan pantauan dan akan memusatkan pos pengamanan agar mudah menggerakkan anggota jika terjadi keributan.yief.

You may be interested

Umum
shares4 views

Dit Pamobvit Lakukan Pam VVIP kedatangan Presiden RI ke NTB

DIT PAMBOVIT - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_43577" align="alignnone" width="609"] Pemasangan alat Secdoor oleh personel Dit Pamobvit di Islamic Center tempat acara pembukaan Munas Alim Ulama dan…

Ingin Kelabuhi Petugas, Pemuda Asal Batuson Ini Sembunyikan Shabu dalam Sebuah Korek Gas
Featured
shares2 views
Featured
shares2 views

Ingin Kelabuhi Petugas, Pemuda Asal Batuson Ini Sembunyikan Shabu dalam Sebuah Korek Gas

Polres Lombok Tengah - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_1946" align="alignleft" width="317"] NA dan Bukti yang Diamankan (22/11)[/caption] Praya – sudah kenyang petugas Satuan Narkoba Kepolisian Resor Lombok…

Berantas Penyakit Masyarakat Polsek Wawo Melakukan Razia Miras
Headline
shares6 views
Headline
shares6 views

Berantas Penyakit Masyarakat Polsek Wawo Melakukan Razia Miras

Polres Bima Kota - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_43573" align="alignleft" width="300"] Kapolsek Wawo dan Personilnya saat melakukan koordinasi kepada pemilik toko yang diduga menjual miras[/caption] Bima Kota…

Leave a Comment

Your email address will not be published.