Operasi Aman Nusa Dua, Polda NTB Pertebal Bali Antisipasi Letusan Gunung Agung

22 Oktober, 2017
59 Views

Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si saat mengecek kesiapan pasukan

Mataram – Mengantisipasi perkembangan status Awas Gunung Agung di Bali, Polda NTB akan mengirim pasukan sebanyak 71 personil lengkap dengan kendaraan dan peralatan. Tujuan pengiriman pasukan ini untuk mempertebal Polda Bali dalam menanggulangi dampak bencana yang diakibatkan potensi letusan Gunung Agung yang bisa terjadi kapan saja.

Memimpin apel pengecekan pasukan, Minggu (22/10) Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si, menuturkan bahwa operasi kemanusiaan yang akan dilaksanakan oleh anggotanya merupakan perintah langsung dari Mabes Polri dengan sandi operasi aman nusa dua.

“Sebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Disebutkan bahwa Polri juga termasuk dalam satuan tugas yang memiliki peran dan tanggung jawab,” ujarnya di hadapan seluruh personil.

Diterangkan Kapolda, Polri memliki tiga operasi kontigensi, aman nusa satu ialah operasi untuk menangani konflik sosial, aman nusa dua ialah operasi penanggulangan bencana dan aman nusa tiga ialah operasi anti terorisme, memburu para pelaku aksi teror.

“Terkait dengan operasi aman nusa dua, melihat perkembangan Gunung Agung, memang sementara ini belum terjadi letusan, tapi kesiapsiagaan perlu dilakukan karena kita tidak tau kapan akan meletus,” terang Kapolda.

Dia jelaskan, hal pertama yang wajib disiapkan Polri sebelum Gunung Agung meletus yakni melakukan langkah-langkah pencegahan jatuhnya banyak korban jiwa.

“Dari sekarang kita amankan dan cek di sekitar wilayah Gunung Agung, apakah sudah tidak ditemukan lagi warga yang masih kekeuh tinggal disana, kemudian saat terjadi letusan agar segera melakukan langkah-langkah penanggulan bencana dan penyelamatan,” ujarnya di Lapangan Gajah Mada Polda NTB.

Sehingga meski di hari libur, pengecekan kesiapan personil dinilai Kapolda sangat perlu untuk dilaksanakan sesegara mungkin.

“Selain kita, Polda Jatim juga diperintahkan Kapolri lakukan penebalan, karena kita adalah Polda terdekat untuk Polda Bali, juga karena wilayah kita merupakan sasaran terdekat terhadap potensi meletusnya Gunung Agung,” pungkasnya. (azi/gin)

You may be interested

Umum
shares4 views

Dit Pamobvit Lakukan Pam VVIP kedatangan Presiden RI ke NTB

DIT PAMBOVIT - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_43577" align="alignnone" width="609"] Pemasangan alat Secdoor oleh personel Dit Pamobvit di Islamic Center tempat acara pembukaan Munas Alim Ulama dan…

Ingin Kelabuhi Petugas, Pemuda Asal Batuson Ini Sembunyikan Shabu dalam Sebuah Korek Gas
Featured
shares2 views
Featured
shares2 views

Ingin Kelabuhi Petugas, Pemuda Asal Batuson Ini Sembunyikan Shabu dalam Sebuah Korek Gas

Polres Lombok Tengah - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_1946" align="alignleft" width="317"] NA dan Bukti yang Diamankan (22/11)[/caption] Praya – sudah kenyang petugas Satuan Narkoba Kepolisian Resor Lombok…

Berantas Penyakit Masyarakat Polsek Wawo Melakukan Razia Miras
Headline
shares6 views
Headline
shares6 views

Berantas Penyakit Masyarakat Polsek Wawo Melakukan Razia Miras

Polres Bima Kota - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_43573" align="alignleft" width="300"] Kapolsek Wawo dan Personilnya saat melakukan koordinasi kepada pemilik toko yang diduga menjual miras[/caption] Bima Kota…

Leave a Comment

Your email address will not be published.