Pangdam Udayana Nyatakan Keamanan Presiden adalah Prioritas Tertinggi

Pangdam IX/Udayana Mayjen Komaruddin

Mataram – Persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo yang akan dilaksanakan besok Kamis (19/10) telah memasuki tahap akhir. Siang tadi, (18/10) Apel Gelar Pasukan yang terdiri dari ribuan Personil TNI dan Polri menunjukkan kesiapannya.

Memimpin apel, Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin S., S.I.P., M.Sc menegaskan bahwa keamanan Presiden merupakan prioritas tertinggi. Seluruh aparat dititahkan untuk mengerahkan segela kemampuan dalam melakukan tugas pengamanan.

“Pengamanan tertinggi adalah mengamankan presiden, selain merupakan yang utama, juga yang tertinggi, jadi kerahkan segala daya dan upaya rekan-rekan untuk dapat menjamin keselamatan Presiden selama berkunjung ke NTB,” tegas Pangdam kepada seluruh personil yang telah ditunjuk melakukan pengamanan besok pagi.

Usai apel, kepada media Tribratanews NTB, Pangdam menjelaskan, setelah melakukan pengecekan pasukan, kekuatan yang dimiliki untuk melakukan pengamanan tergolong besar. Keterlibatan personil yang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dilipat gandakan dari jumlah personil pada kunker Presiden di NTB sebelumnya.

“Jumlah kekuatan personil besar dan proporsional, disesuaikan dengan banyaknya kegiatan pada setiap titik kunjungan Presiden besok,” ujarnya saat diwawancara.

Berdasarkan pantuan Pangdam, saat melakukan pengecekan pasukan, kesiapan personil baik dari segi peralatan maupun moril dinilai optimal.

“Semua bagus, termasuk peralatan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, alat-alat medis juga tadi saya cek semuanya bagus,” terangnya.

Dirinya menargetkan, kegiatan pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo harus berjalan dengan lancar dan aman.
“Kita pantau dari kondisi terakhir saat ini situasinya aman, kita jaga sampai besok, selama Presiden ada disini harus tetap kondusif,” tandasnya.

“Mulai pukul 06.00 wita, seluruh personil sudah diperintahkan bersiaga, untuk segera menempati titik masing-masing, tempat mereka ditugaskan menjaga lokasi maupun jalur yang akan dilalui Presiden agar tetap terjamin keamanannya,” pungkas Pangdam. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close