H-1 Pilkades Serentak 6 Desa, Bhabinkamtibmas Kawal Pendistribusian Kotak Suara

18 Oktober, 2017
55 Views

Lombok Utara – Sehari menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lombok Utara mulai dilakukan pendistribusian kotak suara dan keperluan logistik lainnya. Untuk mengantisipasi kecurangan, petugas dari Kepolisian dan TNI bersinergi melaksanakan pengamanan dari lokasi penyimpanan kotak suara ke lokasi Tempat Pemungutan Suara, Rabu (18/10/2017).

Kapolres Lombok Utara AKBP RIFAI, S.H., memastikan semua logistik jelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak esok sudah siap. Logistik tersebut hari ini telah dikirim ke desa 6 Desa yang ada di 3 Kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Lombok Utara.

Menurut AKBP RIFAI, S.H., H-1 hari jelang Pilkades ini semua kesiapan Pilkades sudah rampung, termasuk persoalan logistik. Semua masih belum bisa dipastikan hanya tinggal menunggu laporan secara resmi dari Kapolsek jajaran. Namun, dirinya yakin 100 % bahwa logistik Pilkades akan lancar dan dipastikan tidak ada kebocoran atau kecurangan.

“Semua sudah didistribusikan, tinggal menunggu laporan secara resmi dari Kapolsek jajaran kepada saya. Saya yakin bahwa seluruh logistic Pilkades serentak tahun 2017 ini akan sampai tujuan dengan pengawalan dan pengamanan ketat dari personil Polres Lombok Utara bersama TNI dan Linmas,” ujarnya.

Kapolres Lombok Utara AKBP RIFAI, S.H., mengungkapkan para Kapolsek jajaran diharapkan memantau anggotanya yang melakukan pengawalan logistik Pilkades. Diharapkan seluruh kebutuhan penyelenggaraan pemilihan kepala desa tersebut sampai di TPS dalam kondisi aman.

“Dalam melakukan pengawalan pendistribusian logistik pilkades agar selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas pengawalan dan pastikan logistik pilkades tiba di TPS dalam keadaan aman dan terkendali”, katanya.

Adapun logistik pilkades berupa surat suara, surat undangan, tabulasi penghitungan, dan rekapitulasi akhir, yang dikawal ketat oleh personil polsek jajaran Polres Lombok Utara dibantu Babinsa Koramil.

“Pendistribusian dapat berjalan dengan aman dan lancar, selanjutnya surat suara akan dilipat dan dikemas serta disimpan di tempat yang terkunci dan disegel, pada Rabu 18 Oktober 2017 di masing-masing TPS di masing-masing desa yang akan dilaksanakan pemungutan suara Pilkades serentak,” ungkap RIFAI.

Kapolres kembali menerangkan bahwa pihaknya serius dalam melakukana pengawalan dan pengamanan karena terjadinya kerawanan bisa saja saat penghitungan perolehan surat suara nanti.

“Untuk itu, kami harapkan kepada para anggota yang terlibat langsung agar dapat mengantisipasi apabila dimungkinkan terjadinya kekacauan di tiap-tiap TPS,” tambah dia.

Dikatakan dia, potensi kerawanan yang timbul, sebagai sebuah fenomena dalam masyarakat yang berdemokrasi. Merupakan potensi gangguan yang harus dikelola dengan baik, agar tidak berkembang menjadi ganguan kamtibmas yang menggangu jalannya pelaksanaan pilkades serentak.

Seluruh Kapolsek jajaran Polres Lombok Utara yang diwilayahnya yang akan melaksanakan Pilkades, hari ini terjun langsung ke lapangan untuk memantau pendistribusian logistik Pilkades dan memantau situasi agar dalam masa tenang ini masih dalam keadaan kondusif.(bd)

You may be interested

Umum
shares4 views

Dit Pamobvit Lakukan Pam VVIP kedatangan Presiden RI ke NTB

DIT PAMBOVIT - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_43577" align="alignnone" width="609"] Pemasangan alat Secdoor oleh personel Dit Pamobvit di Islamic Center tempat acara pembukaan Munas Alim Ulama dan…

Ingin Kelabuhi Petugas, Pemuda Asal Batuson Ini Sembunyikan Shabu dalam Sebuah Korek Gas
Featured
shares2 views
Featured
shares2 views

Ingin Kelabuhi Petugas, Pemuda Asal Batuson Ini Sembunyikan Shabu dalam Sebuah Korek Gas

Polres Lombok Tengah - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_1946" align="alignleft" width="317"] NA dan Bukti yang Diamankan (22/11)[/caption] Praya – sudah kenyang petugas Satuan Narkoba Kepolisian Resor Lombok…

Berantas Penyakit Masyarakat Polsek Wawo Melakukan Razia Miras
Headline
shares6 views
Headline
shares6 views

Berantas Penyakit Masyarakat Polsek Wawo Melakukan Razia Miras

Polres Bima Kota - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_43573" align="alignleft" width="300"] Kapolsek Wawo dan Personilnya saat melakukan koordinasi kepada pemilik toko yang diduga menjual miras[/caption] Bima Kota…

Leave a Comment

Your email address will not be published.