Pengawasan dan Pemeriksaan di Jajaran Polda NTB Dimulai

Wakapolda NTB Kombes Pol. Tajuddin saat menyampaikan sambutan

Mataram – Mengemban tugas sebagai APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah), Itwasda Polda NTB menjadi tonggak utama bagi Wakapolda NTB Kombes Pol. Drs. Tajuddin, M.H., untuk dapat mewujudkan Polri menjadi institusi pelayan publik yang ‘Good governance dan Clean government’.

”Menjadi institusi yang baik dan bersih, kita bukan lagi mengupayakan menuju itu, tapi sudah wajib menjadi seperti itu, institusi kita ini tolok ukur, kalau kepolisiannya saja buruk dan kotor, bagaimana bisa insitusi ini menegakkan hukum bagi intitusi yang lain,” tegasnya.

“Jadi mari kita awali dari diri, melalui wasrik rutin ini, seluruh satker, polres jajaran beserta personilnya saya harapkan tidak ada temuan,” sambut Wakapolda membuka acara taklimat awal wasrik rutin tahap II di Hanggar, Senin (16/10).

Dia terangkan, Wasrik rutin dengan aspek pelaksanaan dan pengendalian menjadi agenda Presiden dalam rangka perwujudan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2015-2019 yang merupakan penjabaran dari visi dan misi Presiden untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

”Kita dukung rencana presiden melalui keberlangsungan institusi kita yang baik dan bersih,” tekannya.

Dikatakan Wakapolda, dirinya menyadari bahwa pengawasan dan pemeriksaan internal Polda NTB juga sangat diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pelaksanaan kinerja seluruh Satker dan Polres Jajaran serta penyerapannya terhadap anggaran, sehingga dapat diketahui lebih awal apabila terjadi kesalahan atau penyimpangan.

“Untuk itu saya harapkan, para Kasatker dan Kasatwil agar membantu kelancaran tugas tim dalam melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan di masing-masing kesatuan,” tukasnya.

“Ini juga jadi ajang pembuktian, apakah peran APIP benar-benar mampu menjadi penjamin dan konsultan yang terbukti kualitasnya,” pungkas Wakapolda. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close