Imbangi Kemajuan Teknologi, Kapolri akan Berlakukan Penegakkan Hukum Lalu Lintas via Online

Dir Lantas Polda NTB Kombes Pol. Arman Achdiat saat memberikan arahan

Mataram – Menghadapi perkembangan teknologi informasi yang kian mutakhir, Polri tengah mengembangkan perannya di masyarakat dengan lebih modern. Disampaikan Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda NTB Kombes Pol. Arman Achdiat, SIK, M.Si, bahwa Kapolri akan meluncurkan projek penegakkan hukum di bidang Lalu Lintas.

“Kemarin disebutkan, ada Elektronik Samsat, ada juga untuk urusan administrasi dan edukasi serta law enforcement,” ujar Dir Lantas dalam arahannya, Jumat (13/10).

Dia katakan, pengembanan IT dalam bidang lalu lintas akan diuji coba pada tujuh Polda.

“Meski Polda NTB tidak termasuk uji coba, tapi projek ini akan diberlakukan kepada seluruh Polda, peluncurannya akhir Bulan ini,” tukasnya.

Dilanjutkan Dir Lantas, projek yang sedang dikembangkan Polri ini juga bentuk pengimbangan pelayanan dengan instansi pemerintah yang telah bergerak lebih dulu, yakni dalam pemberlakuan KTP elektronik yang pendataannya dilakukan via online.

“Nanti kita bersinergi dengan instansi pemerintah yang lain, khususnya yang mengurusi layanan e-KTP,” terangnya.

Dia jelaskan, dalam e-KTP, nomor handphone masyarakat telah terinput, lengkap dengan alamat rumah, dengan demikian, Polri dapat mengirimi surat tilang bagi pengendara yang terekam melanggar ketika berlalu lintas di Jalan Raya.

“Ini memudahkan Polri memberikan penegakkan hukum, langkah kemanapun akan termonitor, yang berhasil kabur di Jalan Raya tetal akan ditilang, pertama kita bersurat, jika tidak datang, petugas akan mendatangi rumah pelanggar untuk melakukan penilangan,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close