Polda NTB Dinilai Sukses Turunkan Angka Konflik Sosial, Kapolri : Bhabinkamtibmas Kuncinya

Dirreskrimum Polda NTB Kombes Pol Kristiaji

Mataram – Disampaikan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda NTB Kombes Pol. Kristiaji bahwa Polda NTB dinilai Kapolri telah berhasil menurunkan angka konflik sosial di wilayah hukumnya.

Hal tersebut tidak terlepas dari peran aktif anggota di Lapangan dan masyarakat yang bisa diajak bekerjasama dalam menjaga kondusifitas.

“Disebutkan Kapolri, bahwa Polda NTB merupakan salah satu Polda yang dinilai berhasil dalam meredam konflik sosial, penanganan dan penyelesaian konflik tentu berkat kerja keras rekan-rekan,” ujar Kristiaji dalam arahannya, Kamis (12/10).

“Hal ini penting untuk saya sampaikan, apresiasi Kapolri tersebut kita artikan sebagai pemacu semangat kita untuk tetap memelihara kondusifitas,” imbuh Dir Reskrimum.

Lebih khusus, apresiasi Kapolri ditujukan kepada Bhabinkamtibmas beserta warga binaannya. Berkat mitra yang terjalin baik antara aparat keamanan dan masyarakat menjadi faktor utama Polda NTB berhasil meredam konflik sosial.

“Yang memahami karakter masyarakat kita yang utama adalah bhabinkamtibmas, karena para bhabin memiliki kemampuan ‘mapping’, mengetahui tindakan apa yang tepat dilakukan dalam menertibkan warga binaannya,” terang Kristiaji.

Kemudian, Dir Reskrimum mengarahkan, kedepan, pengemban fungai Reserse dapat bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, terutama ketika menangani konflik sosial dengan eskalasi yang lebih tinggi.

“Agar lebih efektif, ini untuk antisipasi kita, bilamana terjadi konflik sosial yang anarkis, lakukan koordinasi dengan para Bhabin, sehingga ketika Reserse melakukan penegakkan hukum, masyarakat tidak berontak, malah merasa terayomi,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close