Tim Cyber Polda NTB Antisipasi Kampanye Hitam Jelang Pilkada

14 September, 2017
64 Views

Direktur Reskrimsus Polda NTB Kombes Pol. Anom Wibowo, SIK, M.Si saat memberikan arahan

Mataram – Agar suasana pesta demokrasi yang akan diselenggarakan tahun depan tetap terkontrol kondusifitasnya, Polda NTB lakukan berbagai upaya, salah satunya dengan mempersiapkan tim cyber crime guna mengantisipasi terjadinya Black Campaign atau kampanye hitam.

Kampanye hitam merupakan suatu perilaku atau cara berkampanye yang dilakukan dengan menghina, memfitnah, mengadu domba, menghasut atau menyebarkan berita bohong yang biasanya dilakukan di media sosial.

Untuk itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda NTB Kombes Pol. Anom Wibowo, SIK, M.Si., dalam arahannya, Rabu (13/9) menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya persiapan menghadapi tahun politik.

“Tahun depan kita sudah memasuki tahun politik, selain pemilihan Bupati di beberapa kabupaten, ada beberapa pejabat daerah yang mencalonkan diri menjadi Gubernur, tentunya masyarakat harus kita jaga agar tidak menjadi korban adu domba yang dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki kepentingan,” ujarnya di hadapan seluruh personil Polda NTB.

Dikatakan dia, langkah-langkah mengontrol situasi agar tetap stabil perlu dipersiapkan bersama, khusus situasi di dunia maya, Direktorat Reskrimsus telah mempersiapkan tim Cyber Crime.

“Tim Cyber Crime sudah kami latihkan, kami upayakan security dalam arus media sosial tetap stabil, patroli cyber sudah mulai kami rutinkan,” terangnya.

Dir Reskrimsus menjelaskan bahwa di zaman android seperti sekarang ini peranan teknologi informasi tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat, segala bentuk provokasi untuk mengadu domba mayarakat beredar bebas di media sosial.

“Pihak kepolisian melaui tim cyber crime berkewajiban melacak dan mendeteksi segala isu provokatif yang beredar, jangan sampai masyarakat menjadi korban kepentingan politik,” tandasnya.

Menurut dia, kerjasama dan kordinasi yang baik dengan tim Intelijen akan lebih memudahkan upaya untuk mengelola arus isu provokatif sehingga konflik di panggung demokrasi tidak pecah atau tumbuh menjadi lebih besar. (azi/gin)

You may be interested

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekumpulan Pelajar di Dompu
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekumpulan Pelajar di Dompu

DIT NARKOBA - Feb 22, 2018

Mataram - Kompol I Nengah Martawan, S.Sos bersama dengan 2 (dua) orang anggotanya atas nama Bripka I Gede Suarsana dan…

Racuni Ayam Milik Warga, Dua Pemuda Digelandang Ke Polsek Kota Selong
Binkam
shares4 views
Binkam
shares4 views

Racuni Ayam Milik Warga, Dua Pemuda Digelandang Ke Polsek Kota Selong

Polres Lotim - Feb 22, 2018

[caption id="attachment_48300" align="alignleft" width="355"] BARANG BUKTI AYAM WARGA YANG MATI AKIBAT DIRACUNI TERSANGKA[/caption] Selong - Kelakuan remaja saat ini terkadang…

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba di SMA Negeri 6 Mataram
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba di SMA Negeri 6 Mataram

DIT NARKOBA - Feb 21, 2018

[caption id="attachment_48285" align="alignnone" width="300"] Binluh Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekolah[/caption] Mataram - Kasubag Min Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Polda…

Leave a Comment

Your email address will not be published.