Rekrutmen CPNS Serentak, Kabid Humas Polda NTB Ingatkan Waspadai Tipu Daya Calo

kabid humas polda ntb akbp tri budi pangastuti

Mataram – Saat ini banyak beredar informasi di media sosial terkait lowongan pekerjaan dari berbagai instansi, baik aparatur sipil negara maupun BUMN. Menyikapi hal tersebut, Kabid Humas Polda NTB AKBP Dra. Tribudi Pangastuti, M.M., mengimbau masyarakat agar tidak terpedaya oleh calo dengan beragam tipuannya.

Dihubungi via telfon, Selasa (12/9) Kabid Humas mengatakan, selain mengantisipasi adanya informasi perekrutan yang hoax, calon peserta yang ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS juga harus cerdas dan tidak mudah terpengaruh oleh calo yang mengiming-imingi kelulusan.

“Jangan mudah percaya apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain,” imbau Kabid Humas.

“Impian menjadi PNS jangan sampai malah berbalik menjadi korban penipuan puluhan juta rupiah,” imbuhnya.

Dikatakan Kabid Humas, jika ada yang menghubungi calon peserta baik melalui telfon maupun media sosial, menawarkan diri menjadi koneksi atau penghubung antara calon peserta dengan panita rekrutmen segara laporkan kepada pihak kepolisian.

“Modusnya banyak sekali, calon peserta harus cermat, jika tengah melaksanakan seleksi terus ada nomor tidak dikenal tiba-tiba menghubungi dan menawarkan bantuan, laporkan langsung kepada pihak yang berwajib,” ujarnya.

Juga sebaliknya, Kabid Humas mengatakan, bagi calon peserta yang akan mengikuti seleksi juga dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada pihak-pihak tertentu diluar aturan yang berlaku.

“Apapun yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan rekrutmen CPNS mohon untuk dihindari, apabila ketahuan maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan otomatis calon peserta yang melanggar akan direkomendasikan untuk didiskualifiksi,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close