Patroli Rutin Yang Mencegah Niat yang Bertemunya Kesempatan Para Pelaku Kejahatan

14 September, 2017
82 Views

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Rabu (13/09/2017). Polri pada dasarnya merupakan segala kegiatan terencana dan berkesinambungan dalam rangka membina, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan masyarakat agar menjadi paham dan taat kepada peraturan per-Undang-undangan dan norma-norma sosial lainnya serta berperan aktif dalam menciptakan, memelihara dan meningkatkan ketertiban dan keamanan swakarsa. Keamanan yang asal katanya aman adalah suatu kondisi yang bebas dari segala macam bentuk gangguan dan hambatan. Sedangkan pengertian Ketertiban adalah suatu keadaan dimana segala kegiatan dapat berfungsi dan berperan sesuai ketentuan yang ada. Pengertian Kamtibmas menurut Pasal 1 Undang-undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 disebutkan bahwa pengertian Kamtibmas adalah: Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainnya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Oleh karenanya, Ton 2 Ki 1 Subdit Dalmas , Dit Sabhara Polda NTB , yang dipimpin langsung oleh BRIPKA IMBING SUSANTO anggota Ton 2 Ki 1 melaksanakan patroli rutin dengan mengunjungi beberapa tempat yang rawan tindak kejahatan dan sekaligus melaksanakan kegiatan preventif di malam hari.

Anggota patroli melaksanakan Program Quick Win NO 6 yaitu Polri sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang public. Sebelum dan sesudah menjadi target anggota patroli untuk memberikan sembako Giat Empati Rp.1000. Anggota patroli memberikan kepada Ibu Almah yang berumur 65 Tahun yang bekerja sebagai pemulung,yang beralamat Kekalik. Semoga dengan adanya anggota patroli memberikan sembako dapat mengurangi beban beliau.

Selanjutnya dengan patroli di daerah Perumahan. Anggota patroli melaksanakan patroli rutin dengan mengunjungi BTN Lingkar Pratama. Kemudian dilokasi tersebut anggota berdialogis dengan petugas jaga yang sedang bertugas dan para security pun merasa terbantu karena adanya polisi patroli. Berdasarkan hasil patroli di perumahan ini, situasi kamtibmas aman dan kondusif. Sekaligus anggota patroli menghimbau agar selalu waspada terhadap tindakan-tindakan 3C dan anggota patroli memberikan pesan pesan kamtibmas kepada security/satpam yang berjaga.

Selanjutnya anggota patroli bergeser  ke Pos Pol Giri Menang Square (GMS). Anggota patroli berdialogis dengan anggota yang piket jaga malam untuk selalu berhati-hati dalam bertugas , mengingat banyaknya anggota Polri dijadikan sasaran Orang Tak dikenal (OTK) untuk mencelakai anggota Polri. Berikutnya anggota patroli menuju daerah Labuapi. Anggota menyambangi masyarakat yang sedang meronda. Anggota patroli memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat yang sedang meronda dan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan dimalam hari,dini hari. Sekaligus anggota menyambangi kandang kumpul yang ada di daerah tersebut. Anggota patroli memberikan himbauan agar selalu waspada terhadap pencurian hewan ternak yang beberapa waktu yang lalu pernah terjadi pencurian hewan ternak di daerah tersebut.

Semoga dengan hadirnya Polri di tengah-tengah masyarakat dimalam hari sampai pagi kembali dapat mencegah dan meminimalisir Niat yang bertemunya Kesempatan oknum para pelaku tindak kejahatan. (L)

 

 

You may be interested

Ngamuk Di Pasar, Preman ini Malah “Nangis” Saat Akan Ditangkap Polisi
Binkam
shares3 views
Binkam
shares3 views

Ngamuk Di Pasar, Preman ini Malah “Nangis” Saat Akan Ditangkap Polisi

Polres Dompu - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44563" align="alignnone" width="300"] Salah seorang preman saat akan ditangkap sehabis mengamuk dipasar[/caption] Dompu - Sejatinya seorang preman berbadan tegap…

Jelang Akhir Tahun, Polres Dompu Terus Pantau Harga Sembako
Binkam
shares6 views
Binkam
shares6 views

Jelang Akhir Tahun, Polres Dompu Terus Pantau Harga Sembako

Polres Dompu - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44557" align="alignnone" width="300"] Petugas kepolisian melakukan pemantauan harga secara langsung[/caption] Dompu - Satuan Reserse Kriminal Resor Dompu terus lakukan…

Binkam
shares8 views

Kapolres Lotim ; Sebagai Personel Polri, Pegang Teguh Komitmen Netralitas

Polres Lotim - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44552" align="alignleft" width="341"] PESRTA UPACARA DALAM RANGKA PERGESERAN PASUKAN[/caption] Selong - Polres Lombok Timur Lakukan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.