Kapolres Lotara Gelar Rakor Dengan Panwaslu Jelang Pilkada 2018

 

Lombok Utara – 11/9 Pukul 11.30 Wita Siang ini Kapolres  Lombok Utara gelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Panwaslu kabupaten Lombok Utara menindaklanjuti pelaksanaan Operasi Ngeremrasa Gatarin – 2017  Pilkada Serentak Tahun 2018, Bertempat di Ruang Pertemuan Polres Lombok Utara. Rakor dipimpin oleh Kapolres Lombok Utara AKBP. RIFAI, S. H., Waka Polres Lotara, Kabag Ops Polres Lotara, Kasat Reskrim, Kasat Intel dan ketua Panwaslu Dan Anggota Kabupaten Lombok Utara.

Kapolres Lombok Utara AKBP RIFAI,S.H. Menjelaskan pada intinya siap mengamankan pentahapan Pilkada 2018 dan secara berkesinambungan menjalin komunikasi baik antara KPU, Panwaslu, para pasangan calon, para timses pemenangan, tokoh masyarakat dan segenap elemen masyarakat agar tercipta sitkamtibmas  kondusif di kabupaten Lombok Utara.

‘’ Menghimbau agar pihak KPU dan Panwaslu Kabupaten Lombok Utara dalam menjalankan tahapan Pilkada sesuai dengan koridor perundang-undangan dalam Pemilu serta tidak menjadi pemicu timbulnya permasalahan baru (konflik sosial) yang mengganggu sitkamtibmas  Lombok Utara.Tambahnya

‘’ Kegiatan/upaya cipta kondisi kamtibmas (razia dan patroli) yang dilaksanakan oleh Polres Lombok Utara adalah upaya Polres Lombok Utara untuk menekan potensi gangguan kamtibmas dan barang-barang yang disita / diamankan dari masyarakat adalah yang berimplikasi pada gangguan nyata (sajam dan miras). Apabila dalam kegiatan cipta kondisi kamtibmas yang dilaksanakan oleh Polres Lombok Utara dianggap berlebihan dan telah meresahkan masyarakat, maka disarankan agar masyarakat Lombok Utara melaporkan hal tersebut ke Polres lombok utara .’’Pungkas Kapolres.

Ketua Panwaslu menyampaikan, perkiraan untuk tahapan yang telah didepan mata, diharapkan agar KPU Kab/Kota dapat memetakan jumlah DPT dan jumlah TPS dengan jumlah pemilihnya. Pemetaan tersebut bertujuan untuk dapat melakukan evisiensi penganggaran nantinya.

Dalam rapat tersebut juga disinggung tentang pembuatan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di KPU Kab/Kota yang sudah harus rampung maksimal Akhir tahun 2017, harapannya RPP ini bisa dikunjungi oleh masyarakat untuk peningkatan peran partisipasi pemilu. Sosialisasi memiliki peran yang sangat penting, untuk itu diharapkan KPU Kab/Kota dapat lebih berkreasi / berinovasi sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing, misalnya Kabupaten Lombok Utara dengan tema suku sasaknya. Begitu juga dalam hal penganggaran sosialisasi/bimtek, KPU Kabupaten Lombok Utara berharap KPU Kab/Kota dapat berperan lebih dalam dan dapat mengalokasikan anggaran sampai pada tingkatan PPS/KPPS di tingkat desa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close