Nyicil Rumah di Program Kapolda NTB ini InsyaAllah Bebas Riba

10 September, 2017
205 Views

Wakapolda NTB Kombes Pol. Drs. Imam Margono saat memberikan arahan

Mataram – Usai apel pagi pada Jumat (8/9) dilakukan sosialisasi oleh pihak PT. Zenith Lombok Properti sebagai mitra Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si dalam rangka meningkatkan kesejahteraan personil melalui program pembangunan rumah bersubsidi. Pola cicilan yang diterapkan pun diklaim bebas dari riba.

Wakapolda NTB Kombes Pol. Drs. Imam Margono menjelaskan lebih detil kalau sistem pembayaran yang akan diberlakukan untuk mencicil setiap unit perumahan Bhayangkara Residence bersifat konstan dan sesuai akad awal.

“Sebelumnya pernah saya tegaskan bahwa riba bagi muslim dosanya lebih besar dari zina, maka koperasi Polda NTB pun kita ubah metode transaksinya menggunakan akad yang syar’i, kali ini, sistem pembayaran mencicil rumah juga kita upayakan harus bebas dari praktek riba,” terangnya di hadapan seluruh personil.

Dikatakan dia, nominal cicilan akan terus sama, tidak berubah menjadi naik maupun turun sebagaimana suku bunga dalam sistem yg konvensional. Nilai yang akan dibayarkan per bulan akan tetap sama hingga lunas, baik itu untuk akad pencicilan selama 10 tahun, 15 tahun maupun 20 tahun.

“Kita tidak terapkan bunga samasekali, dalam hitung-hitungannya nanti tidak ada fluktuatif angsuran, tidak akan terpengaruh oleh permintaan dan penawaran yang akan berkembang ke depan menjadi gejala naik-turunya harga, walau sampai jangka waktu 20 tahun,” jelasnya di Lapangan Gajah Mada.

Terlebih bagi personil yang baru aktif berdinas menjadi anggota Polri, dia mengimbau untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai modal berumah tangga di masa depan, karena menurut Wakapolda, bantuan subsidi dan potongan uang muka oleh ASABRI makin memudahkan langkah untuk memiliki rumah sebagai hunian pribadi.

“Saya menyarankan yang Polisi muda untuk ambil bagian, bagi yang belum punya dana untuk membayar uang muka bisa gunakan ASABRI, sekitar 25 juta bisa dicairkan, sisanya bisa digunakan untuk biaya renovasi atau untuk keperluan lain,” ujarnya.

“InsyaAllah Tidak ada riba, pencicilannya konstan, tidak naik turun berdasarkan bunga, Rp 956.324 per bulan selama 20 tahun ya akan tetep segitu sampai lunas, sesuai akad dari awal,” pungkasnya. (azi/gin)

You may be interested

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekumpulan Pelajar di Dompu
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekumpulan Pelajar di Dompu

DIT NARKOBA - Feb 22, 2018

Mataram - Kompol I Nengah Martawan, S.Sos bersama dengan 2 (dua) orang anggotanya atas nama Bripka I Gede Suarsana dan…

Racuni Ayam Milik Warga, Dua Pemuda Digelandang Ke Polsek Kota Selong
Binkam
shares4 views
Binkam
shares4 views

Racuni Ayam Milik Warga, Dua Pemuda Digelandang Ke Polsek Kota Selong

Polres Lotim - Feb 22, 2018

[caption id="attachment_48300" align="alignleft" width="355"] BARANG BUKTI AYAM WARGA YANG MATI AKIBAT DIRACUNI TERSANGKA[/caption] Selong - Kelakuan remaja saat ini terkadang…

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba di SMA Negeri 6 Mataram
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba di SMA Negeri 6 Mataram

DIT NARKOBA - Feb 21, 2018

[caption id="attachment_48285" align="alignnone" width="300"] Binluh Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekolah[/caption] Mataram - Kasubag Min Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Polda…

Leave a Comment

Your email address will not be published.