Satu Kompi Brimob NTB Dikirim ke Papua Dalam Satgas Amole II

Mataram, Satu Kompi Brimob Polda NTB dikirim ke Timika Papua dalam rangka BKO Polda Papua yang tergabung dalam Satgas Amole II dan bertugas melaksanakan pengamanan Obyek Vital Nasional PT Freeport Indonesia (FT FI) sampai dengan empat bulan kedepan.

Kapolda NTB Brigadir Jenderal (Pol) Drs. Firli M.Si pada Sabtu (09/09/2017) pagi, selaku Inspektur Upacara Pelepasan Satgas Amole II yang akan berangkat ke Papua di lapangan Teratai Mako Sat Brimob Polda NTB, dalam sambutanya, Kapolda menyatakan kebanggaannya karena Polda NTB diberikan kepercayaan oleh Mabes Polri mengirim personel dalam penugasan Operasi Amole II di papua, untuk melaksanakan tugas Pokok Kepolisian, memelihara keamanan dan ketertiban Masyarakat, menjamin kepastian hukum serta menjadi penegak kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“tugas ini merupakan tantangan, harus sukses karena sekali saja  operasi kita gagal maka akan tercatat bahwa kita pernah gagal, saya  berharap anggota brimob yang dipercaya untuk melaksanakan tugas pengamanan dan tergabung dalam satgas Amole II di Papua untuk menunjukan semangat dedikasi serta pengabdian yang tulus serta sungguh-sunguh dalam menjaga kedaulatan NKRI”, tegasnya.

Kapolda juga berharap, agar personel selama penugasan dapat mengendalikan diri karena jauh dari keluarga disamping itu juga  situasi di  papua berbeda dengan daerah lain, kondisi alam hutan lebat, cuaca yang berubah begitu cepat yang bisa menggangu kesehatan terutama serangan penyakit malaria.

” saya harap kepada rekan rekan bisa kendalikan diri dan jaga kesehatan serta tetap bertaqwa kepada Allah, SWT”. himbaunya.

lebih lanjut dikatakan “di Papua masih ada kelompok kecil gerakan yang ingin memisahkan diri dan ini merupakan ancaman terhadap Disintegrasi Bangsa, saya berharap Brimob tampil di Papua bisa menjalankan tugas pokok Kepolisian, melaksanakan tugas kenegaraan yaitu menjamin kepastian hukum, memelihara harkamtibmas dan tentu saja kedaulatan Negara di papua” sambungnya.

Personel yang akan melaksanakan penugasan telah melalui proses seleksi sebanyak 100 personel Brimob NTB dibawah pimpinan AKP DEDY A PUHIRI, SIK selaku Danki Satgas dan juga telah melalui proses Latihan Pra Operasi (Latpraops).

sisi lain Kasat Brimob Polda NTB pada kesempatan ini juga mengatakan “Personel yang kita berangkatkan ini telah melalui penunjukan secara selektif di tingkat Detasemen sebelum diberangkatkan ke Papua mereka juga telah melaksanakan Latihan Pra Operasi (latpraops) di Makosat Brimob dan kawasan hutan lindung sesaot, ini bertujuan untuk melatih ketahanan dan kemampuan secara perorangan maupun ikatan kesatuan dan siap dengan segala kemungkinan yang di hadapi di daerah penugasan” paparnya.

Personel Brimob Polda NTB yang akan melaksanakan BKO Polda Papua akan berangkat menuju Timika Papua dengan menggunakan transportasi udara maskapai penerbangan sriwijaya Air  sesuai jadwal akan berangkat ke Timika Papua pada hari selasa tanggal 12 September 2017 , dari Lombok melalui Lombok Internasional Aiport (LIA) menuju Timika Papua,  setelah transit di Ujung Pandang Satgas BKO Polda Papua akan tiba  di Timika Papua pada Rabu 13 September 2017,  selanjutnya bergabung dengan Personel Sat Brimob Polda  Sumatra Barat dalam Satgas Amole II Tahun 2017. di Timika Papua.(ijbm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close