Retas Isu Hoax, Polda NTB Bentuk Operator Khusus

4 September, 2017
110 Views

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda NTB Kombes Pol. Anom Wibowo

Mataram – Menjawab kebutuhan masyarkat terkait isu hoax yang terjadi melalui viral di media online, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda NTB Kombes.Pol Anom Wibowo, SIK, MH akan melatih operator khusus yang nantinya bertugas mengontrol dan berpatroli di Dunia Maya.

“Pelatihan berkesinambungan ini dilaksanakan oleh Tim Mabes Polri pada Senin,(4/9) di Mapolda NTB diharapkan mampu meningkatkan kuantitas, kemampuan intelijen dan patroli Cyber oleh anggota Polda NTB dalam meretas isu hoax yang terjadi di wilayah hukum Polda NTB” ujarnya Senin,(4/9).

Diakuinya, akhir-akhir ini investigasi Cyber sangatlah penting terkait pesatnya perkembangan informasi dan teknologi terutama berita hoax yang sangat meresahkan masyarakat juga banyaknya laporan terkait, provokasi, penghinhaan, pelecehan dan penipuan dengan media online, sehingga pesatnya melebihi tindak pidana konvensional lainnya.

“Sudah banyak konflik sosial yang terjadi,yang diawali isu provokasi melalui media sosial, seperti yang telah diungkap beberapa waktu lalu oleh Mabes Polri terhadap pesanan berita Hoax” ungkapnya.

Dijelaskan juga, beberapa fokus yang menjadi isu utama saat ini adalah terjadinya konflik kemanusiaan Rohingya di negara Myanmar , dan menurut Direktur hal itu perlu mendapat perhatian serius.

“Waspadai isu yang disebarkan melalui media sosial, sehingga memicu kemarahan banyak kalangan termasuk umat Islam nasional sebagai bentuk solidaritas atas tragedi kemanusiaan itu, ini sangat berbahaya”, tambahnya.

Tragedi Rohingya pada media sosial membawa dampak luas bagi tatanan kehidupan berbangsa di Indonesia yang secara primordial memiliki kesamaan agama dan latar belakang sejarah yang sama. Termasuk isu-isu penting lainnya terkait tahun 2018 merupakan tahun politik di wilayah hukum Polda NTB, tentu peran Tim Cyber semakin penting dan harapannya anggota terlatih harus berkembampuan Cyber ivestigation yang lebih fokus dan tajam dalam mencari sumber-sumber melanggar hukum khususnya UU ITE.

“Dengan adanya peningkatan kemampuan dan jumlah anggota yang semakin mumpuni penanganan tidak pidana cyber akan dapat diungkap dengan baik”, tutupnya. (mr* jo)

You may be interested

Pesta Sabu, Dua Remaja Ini Tangkap Polisi Di Kelurahan Tanjung
Headline
shares6 views
Headline
shares6 views

Pesta Sabu, Dua Remaja Ini Tangkap Polisi Di Kelurahan Tanjung

Polres Bima Kota - Nov 23, 2017

[caption id="attachment_43541" align="alignleft" width="280"] AE dan YL bersama barang bukti saat diamankan di Sat Narkoba Polres Bima Kota[/caption] Bima Kota…

Anggota Dit Res Narkoba Polda NTB Mengikuti Giat Binrohtal
Reskrim
shares4 views
Reskrim
shares4 views

Anggota Dit Res Narkoba Polda NTB Mengikuti Giat Binrohtal

DIT NARKOBA - Nov 23, 2017

Mataram - Kegiatan Binrohtal pada hari Kamis (23/11), pukul 07.30 wita, bertempat di Masjid Polda NTB adalah merupakan kegiatan rutin…

Anev Mingguan
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Anev Mingguan

DIT NARKOBA - Nov 23, 2017

Mataram - Anev mingguan Direktorat Reserse Narkoba Polda NTB kali ini dilaksanakan pada hari Rabu (22/11), pukul : 09.00 wita,…

Leave a Comment

Your email address will not be published.