Kekeringan di KLU, Bhabinkamtibmas Bantu Salurkan Air Bersih

Bhabinkamtibmas Memberikan Bantuan Air Bersih Kepada Warga

Mataram – Musim kemarau yang tengah melanda saat ini mengakibatkan kekeringan di sejumlah desa. Oleh karena itu, Bhabinkamtibmas Mumbul Sari Aipda H. Murdi, bersama dengan anggota Binmas Polres Lombok Utara bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara dan BPBD Lombok Utara, Minggu (3/9) memberikan bantuan berupa air bersih di beberapa desa yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Kami bersama pihak lainnya berusaha ingin meringankan beban warga yang mengalami krisis air bersih karena kekeringan,” ujar Aipda H. Murdi saat dikonfirmasi media lewat pesan singkatnya.

Bantuan berupa air bersih diberikan pada dua desa yang memiliki kondisi terparah di wilayah hukum Polsek Bayan.

“Pada kesempatan ini ada dua desa yang kami berikan bantuan air bersih. Diantara dua desa tersebut terdapat enam lokasi dusun. Yaitu lima Dusun di Desa Mumbul Sari diantaranya, Dusun Pengadang Baru, Dusun Bagek Nunggal, Dusun Pawang Kunyit Satu, Dusun Pawang Kunyit Dua, dan Dusun Munder. Sedangkan satu desa lainnya yaitu Desa Akar-akar tepatnya di Dusun Otak Lendang,” paparnya.

Pemberian Air Bersih Kepada Warga

Ia juga menambahkan bahwa di dua desa tersebut akses air bersih sangat sulit bahkan warga sekitar harus membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sebenarnya ada sumber mata air bersih, namun karena lokasi jarak tempuh yang sangat jauh sehingga akses untuk masuknya air bersih ke rumah warga sangat sulit. Selain itu  air pam disini juga tidak bisa masuk. Jadi sehari-harinya warga hanya mengandalkan membeli air bersih untuk pemenuhan kebutuhan hidup,” jelasnya.

Sampai saat ini belum ada realisasi pembangunan untuk membantu pemenuhan air bersih kepada warga.

“Kami sudah mengajukan usulan kepada Kepala Desa agar bisa membangun sumur bor atau pemasangan PDAM. Namun hingga saat ini masih dalam daftar perencanaan dan belum bisa terealisasikan. Bahkan dulunya pernah masuk PDAM, tetapi karena sumber air yang lokasinya sangat jauh sehingga air bersih tidak bisa disalurkan sampai ke rumah warga,” tandasnya. (yos/cle)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close