Inilah Faktor Penyebab Kecelakaan di Jalur By Pass Mataram

10 September, 2017
74 Views

Kasat Lantas Lombok Tengah AKP I Made Hendra,SH,SIK

Mataram -Sering kita temui kecelakaan yang terjadi di jalur By Pass. Hal ini di perkuat dengan adanya data kecelakaan dari Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Tengah. Meskipun di tahun 2017 mengalami penurunan angka kecelakaan, namun penyebab kecelakaan masih sama. Yaitu masih banyaknya pengendara sepeda motor yang belum bisa tertib berlalu lintas terutama di jalur By Pass yang tepatnya sering terjadi di ruas luten atau jalan memutar.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Kholilur Rochman,SH,SIK,MH melalui Kasat Lantas Polres Lombok Tengah AKP I Made Hendra menjelaskan kepada media melalui pesan singkat, Senin (4/9) bahwa angka kecelakaan tertinggi didominasi pada ruas jalan By Pass.

“Sudah ada 122 kasus kecelakaan di ruas jalan Lombok Tengah maupun di By Pass. Oleh karena itu, kami menyoroti hal-hal yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Terbukti kami temukan masih banyak kurangnya kesadaran dari pengendara sepeda motor dalam berlalu lintas, hingga menyebabkan korban jiwa. Dan rata-rata korbannya para remaja yang masih produktif. Tidak hanya itu, faktor penyebab kecelakaan tertinggi di jalur By Pass terletak pada ruas jalan memutar arah atau luten,” terang I Made Hendra.

Penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di ruas jalan luten atau jalan memutar di By Pass sangat banyak dan sangat pendek jaraknya dari persimpangan yang mengakibatkan pengendara banyak menerobos atau melawan arus.

“Seharusnya jarak antara luten dengan persimpangan idealnya berjarak 400 hingga 800 meter. Sementara di By Pass hanya 100 meter bahkan kurang sehingga sangat berbahaya bagi pengendara yang mengambil jalur orang lain,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya telah menutup ruas jalan luten yang digunakan untuk memutar arah namun sering kali di buka oleh masyarakat.

“Awalnya telah kami tutup dengan batu, namun kerap kali warga memindahkan batu tersebut. Akhirnya kami memutuskan untuk menutupnya secara permanen agar dapat mengurangi angka kecelakaan di jalur By Pass,” pungkasnya. (yos/cle)

You may be interested

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekumpulan Pelajar di Dompu
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekumpulan Pelajar di Dompu

DIT NARKOBA - Feb 22, 2018

Mataram - Kompol I Nengah Martawan, S.Sos bersama dengan 2 (dua) orang anggotanya atas nama Bripka I Gede Suarsana dan…

Racuni Ayam Milik Warga, Dua Pemuda Digelandang Ke Polsek Kota Selong
Binkam
shares4 views
Binkam
shares4 views

Racuni Ayam Milik Warga, Dua Pemuda Digelandang Ke Polsek Kota Selong

Polres Lotim - Feb 22, 2018

[caption id="attachment_48300" align="alignleft" width="355"] BARANG BUKTI AYAM WARGA YANG MATI AKIBAT DIRACUNI TERSANGKA[/caption] Selong - Kelakuan remaja saat ini terkadang…

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba di SMA Negeri 6 Mataram
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba di SMA Negeri 6 Mataram

DIT NARKOBA - Feb 21, 2018

[caption id="attachment_48285" align="alignnone" width="300"] Binluh Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekolah[/caption] Mataram - Kasubag Min Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Polda…

Leave a Comment

Your email address will not be published.