Patroli Rutin Dit Sabhara Polda NTB Di Malam Minggu dan Mencegah Konflik Komunal

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Sabtu (26/08/2017). Mengacu kepada Undang-Undang No 2 Tahun 2002 tentang Polri bahwa yang dimaksud dengan keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional. Dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai dengan terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta pengembangan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkap, mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Untuk itu Dit Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas Ton 2 Ki 1 yang dipimpin langsung oleh Bripka Imbing Susanto melaksanakan patroli rutin guna melaksanakan kegiatan Preventif sekaligus menciptakan terjaminnya keamanan,ketertiban dan tegaknya hukum serta terbinanya ketentraman.

Diawali dengan berpatroli di daerah Monjok. Anggota patroli berdialogis dengan masyarakat ,anggota memberikan himbauan agar tetap selalu menjaga Kamtibmas sekaligus anggota patroli melaksanakan penguatan harkamtibmas di daerah konflik. Mengingat di daerah tersebut pernah terjadi konflik komunal. Sehingga anggota patroli melaksanakan kegiatan preventif di daerah tersebut.

anggota patroli berdialogis dengan masayarakat Monjok

Anggota patroli bergeser ke daerah seputaran Jalan Udayana. Anggota patroli berdialogis dengan anggota club motor. Anggota patroli menghimbau agar sama-sama menjaga kamtibmas di sekitar. Dan anggota patroli juga menghimbau agar tidak melaksanakan Balap Liar,karena dengan melaksanakan balap liar dapat merugikan orang lain,diri sendiri dan keluarga. Karena apa balap liar identic dengan Laka Lantas yang menyebabkan kematian.

anggota patroli memberikan himbauan kepada Club Motor

Selanjutnya anggota patroli bergeser ke simpang 4 Fraksi Golkar. Anggota patroli melaksnakan Giat Empati Rp.1000. Anggota memberikan 1 buah sembako kepada Bapak Suep,alamat Jempong,usia 80 tahun,pekerjaan pengumpul barang bekas dan beliau hidup sebatang kara. Bergeser ke daerah Jempong. Anggota patroli menyambangi ke tempat penjualan hewan qurban. Anggota patroli berdialogis sekaligus menghimbau agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap pencurian hewan ternak,terlebih lagi menjelang Hari Raya Idul Adha.

anggota memberikan himbuan kepada pedagang hewan Qurban
anggota patroli memberikan sembako kepada Bapak Suep

Semoga dengan hadirnya anggota patroli dapat mengurangi gangguan nyata bagi masyarakat dan sekitarnya. Dengan melindungi,mengayomi,dan melayani masyarakat dapat menciptakan suasana kamtibmas yang harmonis,bebas dari gangguan yang dapat menimbulkan gejolak. (L)

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close