Upaya Meminimalisir Penyebaran Berita Hoax

Mataram – Jaringan internet sudah masuk keseluruhan lapisan masyarakat baik dikalangan pemuda maupun orang tua. Hal ini dimungkinkan karena melalui jaringan ini akan lebih mudah untuk mendapatkan dan berbagi informasi kepada siapa saja. Kemudahan ini juga akan berdampak besar bagi penyebaran berita hoax yang memang kebenarannya tidak bisa di pertanggung jawabkan.

Berita hoax akan sangat mudah tersebar apabila masyarakat hanya melihat judul kemudian disebarkan tanpa melihat kebenaran isi berita tersebut. Sedangkan dalam hal penyebar hoax pemerintah dengan tegas telah mengatur dalam KUHP dan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat Dalmas Polda NTB Ton 1 Ki 2 melaksanakan patroli dialogis malam hari (25/08) di seputaran wilayah Kekalik, Mataram khususnya di warnet-warnet. Anggota mengingatkan bahwa dalam penggunaan internet harus bijak dan tidak asal menerima informasi yang belum tentu benar.

“Jangan cuma baca judul terus di share, teliti isinya dengan baik siapa tau itu cuma hoax, ingat ada undang-undang ITE” ujar Bripka I Komang Wahyu PS selaku Danton.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih peka dan teliti dalam membedakan jenis berita hoax atau tidak. Sehingga penyebaran berita hoax itu sendiri dapat diminimalisir. (Semeton Maik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close