Semakin Siap, Jelang Pesta Demokrasi Polda NTB juga Latih Kompi Polwan

Kompi Polwan Polda NTB saat melaksanakan latihan dalmas

Mataram – Pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan tahun depan terbilang cukup istimewa khususnya bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat, selain pemilihan calon Walikota Bima, Bupati Lombok Timur dan Lombok Barat, pilkada kali ini akan memilih orang nomor satu untuk memimpin Provinsi NTB.

Jajaran Kepolisian Nusa Tenggara Barat juga semakin memantapkan persiapannya dalam menghadapi pesta demokrasi, berbagai upaya pengamanan telah dipersiapkan sedini mungkin, lengkap dengan membentuk Kompi Polwan.

Ditemui di ruang kerjanya siang tadi, Kamis (24/8) Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda NTB Kombes Pol. I Dewa Putu Maningkajaya kepada media Tribaratanews NTB menuturkan, kompi polwan telah diatur sesauai protap (prosedur tetap) akan turun ke lapangan untuk mengupayakan pengamanan yang humanis.

“Polwan tetap turun, terutama jika nanti keberlangsungan kampanye eskalasinya naik menjadi aksi unjuk rasa, polwan sebagai garda terdepan akan bernegosiasi dengan cara humanis,” terang Karo Ops saat diwawancara.

Terutama saat memberikan layanan pengamanan kepada pengunjuk rasa wanita, ibu-ibu atau anak-anak, jika eskalasi naik menjadi lebih anarkis, lintas ganti telah dipersiapkan secara bertahap.

“Jika eskalasinya naik, sudah dipersiapkan lintas ganti yakni pleton kerangka gabungan staf seluruh satker Polda NTB yang telah diberikan pelatihan dalmas (pengendalian massa), kemudian jika situasinya semakin anarkis, pleton inti sabhara dan brimob sudah dipersiapkan,” ujarnya.

Untuk Polda NTB, Kompi Polwan sudah dipersiapkan dengan melibatkan sebanyak 123 personil polisi wanita yang akan dibentuk menjadi tiga pleton dengan dibekali pelatihan yang tidak kalah hebat dengan porsi untuk polisi laki-laki. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close