Evaluasi Kunjungan Komisi III DPR RI, Polda NTB Akan Bentuk Tim Densus Tipikor

anggota Komisi III DRI RI Asrul Sani

Mataram – Pada kunjungan spesifik Komisi III DPR RI di Polda NTB dalam rangka melakukan evaluasi bidang penegakan hukum, Anggota Komisi III DPR RI H. Arsul Sani, SH, M.Si. kepada media menuturkan, kunjungan ini khusus evaluasi penegakan bidang hukum yang difokuskan terkait dengan penegakan hukum di bidang pemberantasan korupsi.

“Polri dan Komisi III yang mewakili DPR sepakat agar pemberantasan korupsi ini kita intensifkan dan untuk itu DPR inisiasi untuk pembentukan Tim Densus Tipikor, Detasemen Khusus Tipikor,” ungkap Asrul di Polda NTB, Rabu (24/8).

Pembentukan Tim Densus itu menurut Asrul nantinya akan berdiri sendiri yang khusus menangai bidang kasus korupsi, diluar Bareskrim Polri, “Nanti akan menjadi seperti semacam badan yang tersendiri seperti Bareskrim, namun ini khusus menangani korupsi,” tambahnya.

Iapun menyampaikan, dalam tugas dan tanggung jawabnya kedepan, Desnsus Anti Korupsi ini berharap tidak hanya bertugas untuk melakukan penindakan atau penegakan hukum saja, namun lebih kepada aspek pencegahan, karena ia tidak ingin bila hanya penegakan terjadi, akan banyak melibatkan tersangka yang ujungnya keluarga hanya menjadi korban.

“Aspek pencegahan ini memang harus benar benar dari awal, jangan juga nanti kemudian membuka pintu untuk menakut-nakuti, karena di beberapa daerah banyak lurah yang mau mengundurkan diri karena belum apa apa sudah banyak dipanggil,” lugasnya.

Menurutnya, pembentukan ini sebagai ikhtiar DPR untuk memberikan tantangan kepada polri, karena dalam instansi Polri tentu tidak mau bila kemampuan Polri sebagai penegak hukum yang utama dalam pemberantasan korupsi, kemudian kalah dengan KPK.

“Kalau sudah ada Densus Tipikor, nanti kita set aturannya,” tandasnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close