Wakapolda NTB : Pertanggung Jawaban Keuangan adalah Central Akuntabilitas Institusi

Wakapolda NTB Kombes Pol. Drs. Imam Margono saat memberikan sambtuan

Mataram – Wakapolda NTB Kombes Pol. Drs. Imam Margono memimpin acara yang diselenggarakan oleh Bidang Keuangan (Bidkeu) Polda NTB dengan tema “Anev Bidang Keuangan dan Tindak Lanjut Temuan Wasrik Itwasum Polri Satker Jajaran Polda NTB TA. 2017” pagi tadi, Rabu (23/8) di Gedung Sasana Darma Polda NTB.

Saat memberikan sambutan, Wakapolda menuturkan, suatu institusi bisa dinilai melalui lalu lintas keuangan baik dari internal maupun eksternal.

“Pertanggung jawaban keuangan (perwabkeu) merupakan central untuk menentukan akuntabilitas pada setiap institusi, keuangan Polda NTB harus bisa mendapat nilai di atas seluruh instansi di NTB, kemudian harus dipertahankan,” ujarnya di hadapan seluruh staf perencanaan dan administrasi (renmin) satker jajaran Kepolisian Nusa Tenggara Barat.

Mengevaluasi hasil pelaksanaan wasrik beberapa minggu lalu oleh Itwasum Polri, Wakapolda meminta, kedepan, kemampuan para pemangku jabatan dan bintara pada bidang keuangan di setiap satker harus memiliki interpersonal skill untuk menjawab temuan wasrik secara logis dan sesuai aturan.

“Interpersonal Skill dalam bekerja dengan jujur, itu yang saya perlukan, selain data perwabkeu yang memang sudah sesuai dengan kenyataan, kemampuan untuk berani berperilaku jujur dan saklek itu sangat penting,” ujarnya.

Saklek dalam arti tegas dimaksudkan oleh Wakapolda selama penyusunan perwabkeu yakni dengan tidak mentolerir laporan keuangan yang mengada-ada.

“Jangan bermain dengan perwabkeu, karena tindak pidana korupsi tidak ada kadaluarsa. Keuangan harus disinkronisasi antara SIMAK (Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi) dengan yang lainnya agar akhir tahun sesuai dengan target,” tegas Wakapolda.

“Perwabkeunya harus sesuai, bila ada pimpinan kalian keliru tolong diingatkan, apabila melenceng, minta saran pimpinan kemudian dicatat tanggal dan isi saran tersebut,” imbuhnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close