Publik sebagai Kontrol, Oknum Polisi yang Terekam Melanggar akan Ditindak Tegas

Kabid Propam Polda NTB AKBP Gatut Kurniadin, SH., SIK

Mataram – Ditemui media Tribratanews NTB di Tribun Lapangan Gajah Mada Polda NTB, sebelum melaksanakan apel pagi, Rabu (23/8) Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Polda NTB AKBP Gatut Kurniadin, SH, SIK, mengimbau, setiap anggota Polri khususnya personil Polda NTB harus tetap menjaga perilakunya di hadapan publik, terutama saat melaksanakan tugas memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan serta penegakan hukum kepada masyarakat.

“Hal-hal yang kurang menguntungkan yang dapat membuat persepsi publik menjadi negatif secara personal apalagi sampai institusional, harus dihindari,” tuturnya saat diwawancara.

Menanggapi pemanfaatan publik terhadap media sosial yang kian bebas dan pesat serta menilik setiap kejadian yang bisa dengan begitu cepat beredar dan menjadi viral di dunia maya, Kabid Propam dengan tegas mengingatkan personilnya untuk tetap menjaga nama baik Polri saat bertugas di lapangan, jika ada yang melanggar akan diberi tindakan tegas.

“Karena memang media sosial itu hak privat setiap orang dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, setiap anggota Polri harus memperhatikan ketentuan etika profesi yang telah diatur, junjung tinggi harkat dan martabat insitutsi, jika terekam publik ada yang melanggar, tetap akan ditindak tegas,” ujar Kabid Propam.

“Selama ada fakta dan bukti, oknum polisi yang melakukan tindakan menyimpang, tetap akan diproses, tidak pandang bulu,” tegasnya.

Disampaikan oleh Kabid Propam, di era media sosial, publik sekarang menjadi kontrol atas kinerja Polri, sehingga kedepan, Polri bisa lebih konsisten dalam menjalankan misinya sebagai aparat keamanan yang bisa dipercaya oleh masyarakat.

“Selaras dengan visi Kapolri dalam promoter, keterbukaan informasi, jadi masyarakat bisa mengetahui dan mengontrol sejauh mana konsistensi pelaksanaan tugas yang telah dilakukan oleh setiap personil Polri dalam mewujudkan harapan masyarakat,” tandas Kabid Propam. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close