Hari Raya Kurban, Polisi Minta Jangan Potong Sapi Betina Produktif

22 Agustus, 2017
68 Views

Direktur Binmas Polda NTB Kombes Pol. Benny Basir Warmansyah saat memberikan materi sosialisasi

Mataram – Berdasarkan Undang-Undang No. 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan pasal 18 ayat (4) meyebutkan bahwa “Setiap Orang dilarang menyembelih Ternak ruminansia kecil betina produktif atau Ternak ruminansia besar betina produktif.”

Untuk itu, Direktur Binmas Polda NTB Kombes Pol. Benny Basir Warmansyah memberikan materi seputar larangan pemotongan terhadap sapi betina produktif kepada masyarakat di Kantor Dinas Peternakan Lombok Timur kemarin, Senin (21/8).

Ditemui di ruang kerjanya siang tadi, Selasa (22/8) Dir Binmas menuturkan, kegiatan sosialisasi yang dilakoninya kemarin juga berbekal perintah Kabaharkam Polri untuk menindaklanjuti MoU yang telah disepakati bersama Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Terkait larangan pemotongan sapi betina produktif, itu ada aturannya, sudah saya sampaikan kepada para Bhabin untuk meneruskan informasi tersebut kepada warga desa binaannya,” tutur Dir Binmas kepada media Tribaratanews NTB.

Pada acara yang dihadiri oleh seluruh Bhabinkamtibmas Polres Lotim, para penjagal sekabupaten Lotim, Dokter Hewan dan masyarakat, Dir Binmas menyampaikan, larangan pemotongan sapi betina produktif untuk menjaga populasi sapi.

“Yang dipotong untuk kurban hendaknya yang jantan, yang betina kan bisa dibiarkan untuk memproduksi sapi lagi, sehingga di wilayah hukum Polda NTB ini khususnya di Kabupaten Lotim populasi sapi semakin hari semakin banyak” ujarnya.

Dir Binmas berharap, setelah diselenggarakan sosialisasi, masyarakat semakin mengerti dan paham serta tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

“Karena sesuai harapan Dirjen Peternakan dan Kesahatan Hewan melaui MoU bersama Kabaharkam Polri, masyarakat bisa ditertibkan, targetnya tahun 2017 ini pemotongan terhadap sapi betina produktif menurun,” pungkasnya. (azi/gin)

You may be interested

BIDANG HUKUM POLDA NTB, bersama Segenap Personel Polres Jajaran pulau Lombok.
Umum
shares6 views
Umum
shares6 views

BIDANG HUKUM POLDA NTB, bersama Segenap Personel Polres Jajaran pulau Lombok.

BID KUM - Nov 21, 2017

Lombok – Kabidkum Polda NTB AKBP DEKY SUBAGIO,  di wakili oleh Kaur Kermalem Bidkum Polda NTB AKP Purbo Wahono berxsama…

Polsek Rasana’e Timur dan  Tim Gabungan Polres Bima Kota Amankan Miras
Headline
shares12 views
Headline
shares12 views

Polsek Rasana’e Timur dan Tim Gabungan Polres Bima Kota Amankan Miras

Polres Bima Kota - Nov 21, 2017

[caption id="attachment_43392" align="alignleft" width="307"] Petugas saat melakukan penyitaan rumah WM[/caption] Bima Kota - Berbagai  upaya terus dilakukan polres Bima Kota dan…

Hanya Di Lombok Tengah Akta Kelahiran Dibuatkan Oleh Polisi
Featured
shares8 views
Featured
shares8 views

Hanya Di Lombok Tengah Akta Kelahiran Dibuatkan Oleh Polisi

Polres Lombok Tengah - Nov 21, 2017

[caption id="attachment_1941" align="alignleft" width="300"] Kapolres dan Kadis Dukcapil Lombok Tengah Berfoto bersama dengan Penerima Akte Kelahiran Melalui Polisi[/caption] Praya –…

Leave a Comment

Your email address will not be published.