Goes to School Hari Jadi Polwan ke-69

Mataram – Sejarah kelahiran Polisi Wanita (Polwan) pada saat Agresi Militer Belanda II, dimana terjadi pengungsian besar-besaran untuk menjauhi titik-titik peperangan, dan untuk menghindari adanya penyusup maka setiap pengungsi harus diperiksa. Namun para pengungsi wanita tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh polisi pria. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut dibentuklah Polisi Wanita atau yang disingkat POLWAN yang lahir pada tanggal 1 september 1948. Sejak hari itu, Polwan telah hadir ditengah-tengah masyarakat dan memiliki tugas yang terus berkembang seiring perkembangan dari kebutuhan masyarakat.

Dalam rangka memperingati hari jadi Polwan ke 69, Polwan Polda NTB bersama anggota Dalmas Polda NTB Ton 1 Ki 2 melaksanakan sosialisasi tentang Penyalahgunaan Narkoba dan Proses Rekrutmen Anggota Polri di SMAN 1 Narmada dan SMAN 1 Gunung Sari. Anggota menjelaskan tentang bahaya Narkoba baik bagi kesehatan maupun cita-cita dan menekankan kepada para pelajar untuk menjauhinya. (22/08)

Para pelajar sangat antusias pada saat anggota menjelaskan bagaimana Proses Rekrutmen Polri di Polda NTB yang menerapkan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis). Anggota juga menyarankan kepada para pelajar untuk mempersiapkan sejak dini apabila ingin menjadi anggota Polri dan tidak memepercayai oknum-oknum yang menjanjikan kelulusan apabila memberikan sejumlah uang.

“Adek-adek sekarang zaman udah beda, jadi polisi tidak dipungut biaya, cukup persiapkan diri dengan baik, yang menentukan masa depan kita ya kita sendiri bukan orang lain” ujar salah seorang anggota Dalmas saat memberikan sosialisasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close