Polwan Polres Lotim Jenguk Veteran Yang Terlupakan

18 Agustus, 2017
66 Views

BRIPKA IKA SAAT MEMBERIKAN BINKISAN KEPADA ABU SAMSUDIN

Sukamulia – Orang Bijak mengatakan; masalalu untuk dikenang bukan untuk diulang, perjalanan dan pengalaman hidup membuat orang lebih Dewasa. Seiring dengan berjalannya waktu, kulit yang dulunya kencang menjadi kriput, badan yang dulunya tegap menjadi bungkuk, tulang yang dulunya kekar menjadi rapuh, yang dahulunya biasa menyuapi, dengan umur yang sudah Ratusan tahun maka sudah tiba saatnya untuk disuapi, hal inilah yang terjadi pada salah seorang peteran atas nama Abu syamsudin.

Dia adalah salah seorang peteran yang beralamatkan di Desa Sukamulia Timur, di era empat puluhan peran Abu Syamsudin sangatlah penting untuk Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, karena dia berperan sebagai Inteligen di Pulau Lombok sebelum Negara Republik Indonesia Merdeka.

ABU SAMSUDIN MENANGIS SAAT DIBERIKAN SANTUNAN

Mengetahui informasi tersebut, Polwan Polres Lombok Timur (lotim) mengunjungi tempat tinggal Abu Syamsudin dan sesampainya di sana, Rombongan Polwan yang dipimpin Kabag Sumda (kepala bagian sumberdaya) tersebut Hampir meneteskan Air Mata, bagaimana tidak, seorang Veteran yang seharusnya hidup layak dan serba berkecukupan, kini tinggal di sebuah Gudang milik Kantor Desa Sukamulia, yang lebih memilukan lagi, saat ini gudang tersebut sedang direnopasi dan kini Abu Syamsudin hanya tinggal di sebuah tenda kecil berukuran tidak lebih dari lima kali lima meter.

Saat ditemui oleh Rombongan Polwan Polres Lotim (17/08) pukul 12.40 wita, Abu Syamsudin yang merupakan salah seorang Veteran tersebut, bercerita banyak hal tentang perjalanan hidupnya kepada Kabag Sumda dan beberapa Polwan yang hadir dalam kunjungan kala itu, termasuk Kondisinya pada saat ini, setelah Kabag Sumda  menyimak cerita dari Abu Syamsudin, ternyata sampai dengan detik ini dia tidak memiliki rumah. Keberadaannya di Gudang Kantor Desa Sukamulia yang kini sedang direnopasi tersebut tidak lebih dari sekedar numpang saja. jangankan sebuah Rumah, sejengkal tanahpun dia tidak miliki walau sekedar untuk menyandarkan tubuhnya yang kini sudah Renta, dia sudah tidak memiliki sanak saodara di disampingnya kehidupanya setelah renta itu bisa bertahan sampai saat ini hanyalah menunggu belas kasih dari beberapa warga, kehidupanya tidak ubah seperti manusia Purbakala yang hidupnya Nomaden (berpindah-pindah) dari satu tempat ke tempat yang lain.

Pria kelahiran mertak paok,  Kecamatan Lombok Tengah pada bulan Desember 1913 tersebut meneteskan Airmata ketika diberikan bingkisan dan Sembako oleh Polwan Polres Lotim, ini adalah kali pertama saya dikunjungi oleh pejaba “terangnya”.

Bripka Ika selaku Pembina Polwan Polres Lombok Timur mengungkapkan ; ini kami lakukan dalam rangka menyambut HUT (hari ulang tahun) RI ke – 72 sekaligus HUT Polwan ke – 69, walaupun tidak banyak yang bisa kami berikan kali ini, semoga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, paling tidak beliau juga ikut merasakan kebahagiaan di hari kemerdekaan ini. “pungkasnya” . (yief).

You may be interested

Lantas
shares0 views

HUT Lantas ke-62, Polres Sumbawa Laksanakan Donor Darah

Polres Sumbawa - Sep 22, 2017

Sumbawa Besar - Memperingati Hari Ulang Tahun Polisi Lalu Lintas ke-62 pagi tadi (20/9) Satuan Lalu Lintas Polres Sumbawa mengadakan…

Terbang ke Bima, Hari ini Kapolda NTB Lantik Dua Kapolres
Headline
shares6 views
Headline
shares6 views

Terbang ke Bima, Hari ini Kapolda NTB Lantik Dua Kapolres

adminpolda 7 - Sep 22, 2017

[caption id="attachment_39826" align="alignnone" width="600"] Kapolda NTB pimpin upacara serah terima jabatan Kapolres Bima dan Kapolres Bima Kota[/caption] Mataram - Dijadwalkan…

Umum
shares2 views

Lagi-Lagi Tahlukan Si Jago Merah, AWC Disebut Serbaguna

Polres Sumbawa - Sep 22, 2017

Sumbawa Besar - Sepertinya membuang putung rokok sembarangan bukan hal sepele, Lahan kering landasan Bandara Sultan Muhammad Kaharudin Brang Biji…

Leave a Comment

Your email address will not be published.