E-Samsat, Solusi Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah

launching e samsat

Mataram – Mengisi peringatan hari kemerdekaan RI ke 72 Polda NTB bersama Stake Holder Pemerintahan Daerah NTB, hari ini Kamis (17/8) meluncurkan program E-Samsat.

Dikatakan Kabid Humas Polda NTB AKBP Dra. Tri Budi Pangastuti, M.M, peluncuran tersebut saat ini khusus untuk wilayah NTB, dengan harapan masyarakat mendapat manfaat pelayan publik yang lebih mudah.

launching e samsat

“Dengan meluncurkan program e-samsat, kita membuka layanan publik untuk mewujudkan pemerintah yang bersih, istilahnya good goverment and clean governance,” papar Kabid Humas Polda NTB kepada media melalui pesan singkat, Kamis (17/8).

Ditambahkan Kabid Humas, sebagai alur E-Samsat yang diresmikan oleh Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi, MA, di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat, sebagai berikut, pertama, wajib pajak melakukan pendaftaran dengan membawa persyaratan sesuai ketentuan, kedua dilakukan proses Regident dan bila memenuhi syarat, wajib pajak diberikan akses e-samsat dengan mengirim SMS (nomor polisi dan nomor mesin kendaraan) ke nomor SMS Gateway Bappenda NTB.

Ketiga, sistem akan membalas dengan memberi info identitas kendaraan, nilai pembayaran PKB, SWDKLJJ, PNBP dan nomer KODE BAYAR, kemudian keempat, wajib pajak melakukan pembayaran melalui ATM Bank NTB sesuai kode bayar dengan memilih menu E-SAMSAT dan memperoleh struk pembayaran.

Dan yang terakhir, wajib pajak melakukan penukaran struk pembayaran dengan Notice pajak dan melakukan pengesahan STNK tahunan di kantor pajak setempat.

“Untuk pengesahannya samsat sementara ini hanya untuk satu tahun perpanjangan,” tandasnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close