Meningkatkan Patroli Rutin Dit Sabhara Polda NTB dan Revolusi Mental

11 Agustus, 2017
78 Views

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Jum’at (11/08/2017). Untuk Indonesia yang berdaulat dan berkepribadian, ada Nawacita yang salah satunya adalah revolusi mental dalam membangun bangsa. Di lingkungan Polri, Kapolri dalam Program Quick Wins Renstra Polri tahun 2015-2019 telah menjabarkan Nawacita dengan agenda “Polri sebagai Penggerak Revolusi Mental dan Pelopor Tertib Sosial di Ruang Publik”. Dalam memelihara kamtibmas, Polri harus mampu menerapkan revolusi mental dalam setiap anggota Polri yang bertugas menjaga kamtibmas di tengah masyarakat. Polri harus mampu hadir di tengah masyarakat untuk menciptakan keamanan, kenyamanan, dan ketenangan dalam setiap aktivitas kehidupan masyarakat. Apabila masyarakat telah merasakan kehadiran Polri di tengah masyarakat, revolusi mental Polri di bidang kamtibmas. Upaya memelihara kamtibmas harus sejauh mungkin meninggalkan budaya dan mentalitas arogan, militeristis, antagonistis, brutal, dan kasar. Polri harus mampu menampilkan diri sebagai anggota yang bermental humanis dan bermoral. Revolusi mental Polri dapat tecermin dalam setiap pelaksanaan tugas pokok Polri di tengah masyarakat yang mana terwujud kepribadian anggota Polri yang memiliki mentalitas yang baik, benar, jujur dan adil.

Untuk menanggapi hal diatas, patroli Dit Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas Ton 2 Ki 1 beserta anggota Polwan Dit Sabhara Polda NTB melaksanakan patroli rutin yang dipimpin oleh Bripka Imbing Susanto. Diawali dengan berpatroli di Sepanjang Jalan Pejanggik. Anggota patroli melaksanakan pengaturan Lalu Lintas yang berada di depan SMPN 2 Mataram dan SMPN 1 Mataram. Mengingat sepanjang jalan tersebut sering terjadi kemacetan yang cukup panjang. Kemacetan yang terjadi di karenakan banyaknya pengantar/penjemput Siswa dan Siswi memarkirkan kendaraannya di bahu jalan sehingga terjadinya penumpukan. Untuk itu anggota patroli beserta anggota polwan melaksanakan pengaturan lalu lintas guna mengurai kemacetan yang sering terjadi di daerah tersebut. Selanjutnya anggota patroli bergeser ke Terminal Mandalika. Anggota patroli berdialogis dengan Calon Penumpang Lokal dan Calon penumpang Warga Asing. Anggota patroli memberikan himbauan agar selalu menjaga barang bawaannya dan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap para pelaku tindak kejahatan yang ada di terminal.

anggota patroli memberikan pesan pesan kamtibmas kepada calon penumpang warga asing

Anggota Patroli membantu siswa dan siswi menyebrang

anggota patroli melaksanakan pengaturan lalu lintas

anggota patroli memberikan pesan pesan kamtibmas kepada calon penumpang

 

Berhubung hari ini adalah hari Jum’at , anggota patroli melaksanakan Sholat Jum’at di Masjid Faturahman,Kec.Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Setelah usai sholat Jum’at , anggota patroli melaksanakan dialogis dengan pengurus Masjid. Anggota patroli memberikan himbauan kepada pengurus Masjid agar tidak terprovokasi terhadap ajaran radikal dan radikalisme. Selanjutnya anggota patroli melaksanakan pengaturan lalu lintas di depan masjid,guna membantu masyarakat yang ingin menyebrang dan tidak menimbulkan kemacetan. Karena posisi masjid tepat di jalur utama menuju Pelabuhan Labuhan Haji. Di jalur tersebut di dominasi oleh kendaraan yang berukuran besar dan sedang.

anggota patroli melaksanakan Sholat Jum’at

anggota patroli melaksanakan pengaturan di depan masjid

anggota patroli berdialogis dengan pengurus masjid

 

Ton 2 Ki 1 melaksanakan giat empati Rp1000 guna mendukung program quick win No.6 Yaitu Polri sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang public. Anggota patroli membawa 2 buah sembako. Sebelum dan sesudah menjadi target pertama Ton 2 Ki 1 untuk di berikan sembako kepada Bapak Jefri yang berumur 95 tahun,beliau tidak mempunyai pekerjaan.  Beliau menderita Lumpuh. Alamat beliau Sesaot. Selanjutnya bergeser ke daerah Desa Alas Kec.Narmada target ke 2 giat empati Rp.1000 diberikan kepada Bapak Hudah yang berumur 67 Tahun yang berprofesi serabutan.

anggota patroli memberikan sembako kepada Bapak Jefri

anggota patroli memberikan sembako kepada Bapak Hudah

Semoga dengan hadirnya Polri di tengah-tengah masyakat dapat memberikan rasa aman dan tentaram.

Selalu ucapkan syukur atas apa yang terjadi hari ini, dan ber Do’a lah untuk hari esok agar anda masih bisa melaluinya dengan penuh rasa syukur dan bahagia. (L)

 

 

 

 

You may be interested

Ops Antik Gatarin 2017, Team Opsnal Polres Lombok Utara Ringkus 2 Pelaku Pengedar Narkoba Di Dua Lokasi
Binkam
shares0 views
Binkam
shares0 views

Ops Antik Gatarin 2017, Team Opsnal Polres Lombok Utara Ringkus 2 Pelaku Pengedar Narkoba Di Dua Lokasi

Polres KLU - Okt 18, 2017

Lombok Utara - Selama Operasi Antik gatarin 2017 yang digelar mulai 16 sampai 29 Oktober 2017, Team Opsnal Polres Lombok…

Tertangkap Tangan Punya Shabu, Ketiga Pelaku Ternyata Masih Pelajar
Featured
shares10 views
Featured
shares10 views

Tertangkap Tangan Punya Shabu, Ketiga Pelaku Ternyata Masih Pelajar

Polres Lombok Tengah - Okt 18, 2017

[caption id="attachment_1884" align="alignleft" width="380"] 3 Pelajar dan Barang Bukti (18/10)[/caption] Praya –  mesti berbangga atau heran ternganga melihat apa yang…

H-1 Pilkades Serentak 6 Desa, Bhabinkamtibmas Kawal Pendistribusian Kotak Suara
Binkam
shares5 views
Binkam
shares5 views

H-1 Pilkades Serentak 6 Desa, Bhabinkamtibmas Kawal Pendistribusian Kotak Suara

Polres KLU - Okt 18, 2017

Lombok Utara - Sehari menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lombok Utara mulai dilakukan pendistribusian kotak suara…

Leave a Comment

Your email address will not be published.