Tingkatkan Kewaspadaan dengan Penerapan Buddy System

ilustrasi penerapan buddy system

Mataram – Teror dari orang tidak dikenal (OTK) yang diduga komplotan jejaring kelompok teroris masih berkeliaran dimana-mana, Polri sebagai instansi yang masih menjadi salah satu target teror harus lebih meningkatkan kewaspadaannya.

Wadir Reskrimsus Polda NTB AKBP I.G.P.G Ekawana P, S.I.K, dalam kesempatannya memberikan arahan apel pagi tadi, Rabu (9/8) di Lapangan Gajah Mada Polda NTB meyampaikan kepada seluruh personilnya agar menerapkan buddy sistem dalam pelaksanaan pengamanan.

“Terkait kejadian di Polda Bali, rekan kita yang senjatanya dirampas oleh OTK, menyikapi hal tersebut saya mengimbau rekan-rekan agar lebih meningkatkan kewaspadaan, terutama dalam tugas pengamanan di lapangan, terapkan buddy system,” ujarnya.

Dijelaskan olehnya, buddy system itu dipraktekkan minimal dengan dua personil yang saling menjaga, saat rekannya memonitor situasi sekitar, rekannya yang satu lagi harus tetap fokus menjaga keselamatan rekannya tersebut.

“Dilakukan dengan minimial dua orang, lebih banyak personil lebih baik lagi, ketika yang satu bertugas menjaga situasi lingkungan sekitar, misalnya melakukan patroli jalan kaki, rekannya yang lain harus cermat menjaga rekannya tersebut, tidak boleh berjalan sendirian,” jelasnya.

Dia berharap, kedepan, tidak terjadi lagi hal yang serupa terutama di Polda NTB, seluruh anggota diharapkan melaksanakan tugas piket, pengamanan maupun tugas fungsional lainnya dengan mematuhi seluruh SOP yang sudah diatur serta selalu mengharapkan perlindungan dari Yang Maha Esa.

“Patuhi SOP nya, ikuti arahan-arahan dari pimpinan, serta tak lupa, selalu minta perlindungan dari Tuhan,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close