Polda NTB segera Bentuk Tim Polisi Pendakwah

10 Agustus, 2017
149 Views

Kasubdit Polmas Dit Binmas Polda NTB AKBP Hasripuddin

Mataram – Tim Polisi Pendakwah atau nama resmi yang akan disemat yakni TGRM (Tim Penggerak Revolusi Mental) akan segera dibentuk dan diberlakukan oleh Wakapolda NTB Kombes Pol Drs. Imam Margono di jajaran Kepolisian Nusa Tenggara Barat.

Ditemui di Masjid Baitussalam Polda NTB, Rabu (9/8) usai melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, Kasubdit Polmas, Direktorat Bina Mitra Polda NTB, AKBP Hasripuddin menuturkan kepada media Tribratanews NTB, pimpinan telah mendukung pembentukan TGRM lengkap dengan dukungan sprin.

“Berdasarkan Keputusan Kapolri nomor 768 tahun 2005 tentang pedoman pembentukan dan pembinaan Da’i Kamtibmas, maka telah dirapatkan bersama Wakapolda, Dir Intelkam dan Dir Binmas bahwa TGRM akan segera dibentuk di Polda NTB,” ujarnya.

Dijelaskan oleh Polisi yang juga dikenal aktif dalam kegiatan dakwah ini, TGRM merupakan tindak lanjut dari Program Quick Wins Polri poin ke-enam yang berbunyi ‘Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik’ dengan objek sasaran dakwah yakni masyarakat dan personil Polri sendiri.

Anggota tim akan direkrut dari personil seluruh satker Polda NTB maupun Polres jajaran yang memiliki kemampuan wawasan agama yang cukup dengan program dakwah 30 personil per 10 hari.

“Jadi nanti kita akan sebar 30 personil per 10 hari ke masjid-masjid, ke tengah-tengah masyarakat, dibagi dua, 15 personil yang ada di pulau lombok dan 15 personil yang ada di pulau sumbawa,” terangnya.

Personil yang tergabung dalam TGRM Polda NTB tersebut nantinya akan melakukan patroil dialogis, mengunjungi rumah-rumah warga atau trend dengan istilah door to door system untuk memberikan pesan-pesan kepolisian berupa imbauan kamtibmas dengan sajian religius.

Dia berharap, setelah program ini rutin dan tertib dilaksanakan, pengoptimalisasian implementasi quick wins Polri serta seluruh program Kaporli dapat diwujudkan, terutama dalam mendukung upaya Polri dalam menstabilkan kemananan dalam negeri melalui deteksi dini yakni pencegahan.

“TGRM ini akan berkonsentrasi pada tugas Polri sebagai pelopor atau agen-agen perubahan terutama dalam ketertiban sosial, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang akur dengan masyarakat lainnya dan taat kepada Tuhannya,” pungkas Kasubdit Polmas.

“Untuk Polisinya sendiri, personil yang tergabung dalam TGRM, kegiatan ini menjadi sarana binrohtal (pembinaan rohani dan mental) untuk memperbaiki iman dan amal sholeh serta untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan, sehingga kedepan, polisi-polisi ini akan menjadi aparat yang jujur dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” imbuhnya. (azi/gin)

You may be interested

Tes kesehatan Ajudan dan Driver Pimpinan
Umum
shares5 views
Umum
shares5 views

Tes kesehatan Ajudan dan Driver Pimpinan

dokes - Okt 17, 2017

[caption id="attachment_41323" align="alignnone" width="740"] Pemeriksan THT oleh Kabiddokes Dr.Sumy Hastry P.dr.,DFM.,SfP.[/caption] Mataram-Biddokkes Polda NTB Melaksanakan Tes kesehatan Calon Ajudan dan…

Polda NTB Tingkatkan Harkamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2018 Mendatang
Umum
shares12 views
Umum
shares12 views

Polda NTB Tingkatkan Harkamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2018 Mendatang

biro ops polda ntb - Okt 17, 2017

[caption id="attachment_41311" align="alignleft" width="424"] Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si. Bersama Wakapolda dan Irwasda Polda NTB Di Ruang Rupatama,…

Aksi Fashion Karnaval Milik Sang “Pating Lage Gumi Sasak” Sukses Jadi Pusat Perhatian Publik
Featured
shares7 views
Featured
shares7 views

Aksi Fashion Karnaval Milik Sang “Pating Lage Gumi Sasak” Sukses Jadi Pusat Perhatian Publik

Polres Lombok Tengah - Okt 17, 2017

[caption id="attachment_1879" align="alignleft" width="375"] Kapolres Lombok Tengah Saat Mandalika Fashion Karnaval[/caption] Praya – setelah beberapa saat lalu resmi dinobatkan menjadi…

Leave a Comment

Your email address will not be published.