Catut Nama Jenderal Polisi, Debt Collector Ditangkap

7 Agustus, 2017
121 Views

barang bukti mobil honda brio

Mataram – Catut nama seorang Jenderal dari Provos Polri, tiga Debt Collector ditangkap oleh tim opsnal Polsek Cakranegara setelah mendapat laporan dari pihak leasing kemarin Kamis (3/8) sekitar pukul 16.00 wita.

Pelaku dibekuk saat melintas di Jalan Selaparang, Lingkungan Sweta Timur, Kelurahan Mayura, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram mengendarai Hondra Brio dengan nopol DR 1363 DZ hasil tarikan dari nasabah yang mengalami kredit macet.

Dengan berbekal surat jalan palsu mengatasnamakan Kepala Biro (Karo) Provos Polri Brigjen Pol. Drs. Endang Emiqail Bagus, MBA lengkap dengan bubuhan tanda tangan dan cap basah serta Kartu Tanda Anggota (KTA) Palsu Karo Provos Polri, pelaku berhasil melakukan penipuan terhadap pihak ACC Finance untuk membawa mobil tersebut.

Diketahui, tersangka BI (44) berasal dari Praya, Kabupaten Lombok Tengah berkomplot dengan dua tersangka lainnya yang berasal dari luar Provinsi Nusa Tenggara Barat, AK (43) asal Subang, Jawa Barat dan IW (48) asal Bandung, Jawa Barat.

Kapolsek Cakranegara Kompol Haris Dinzah mengatakan bahwa penangkapan ini berawal dari laporan ACC Finance yang menginformasikan bahwa ada tiga orang yang mengaku “suruhan” dari petinggi Polri atas nama Brigjen Pol Endang Emiqail Bagus untuk menyita mobil Brio milik ACC Finance.

“Ada nasabah yang mengalami kredit macet, kemudian setelah dilakukan penarikan oleh pihak ACC Finance, tiba-tiba di tengah jalan dicegat oleh ketiga pelaku dengan mengklaim bahwa aksinya merupakan perintah dari petinggi Polri lengkap dengan menunjukkan surat jalan palsu dan KTA palsu,” terang Kapolsek saat dihubungi via telfon oleh media Tribratanews NTB, Jumat (4/8).

Dijelaskan oleh Kapolsek, setelah menerima laporan, kami tindak lanjuti dengan mengecek terlebih dahulu kebenaran identitas petinggi Polri yang dimaksud.

“Setelah ditelusuri, memang ada Polisi dengan nama Endang Emiqail Bagus, namun sudah tidak lagi aktif berdinas, pangkat terakhirnya bukan Brigadir Jenderal tetapi Kombes Pol, pensiun lima tahun yang lalu,” ungkap Kompol Haris.

“Setelah informasinya jelas, tim opsnal langsung lakukan penangkapan yang kebetulan waktu itu pelaku melintas tidak jauh dari Mapolsek Cakranegara,” imbuhnya.

Atas tindak pidana yang dilakukan, pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman penjara maksimal empat tahun.

Saat ini, ketiga pelaku beserta barang bukti berupa surat jalan palsu, KTA palsu an. Brigjen Pol Endang Emiqail Bagus, MBA dengan jabatan Karo Provos Div Propam Mabes Polri, satu unit kendaraan roda empat merk Honda Brio berwarna silver, satu buah kunci kontak mobil dan surat pernyataan serah terima dari Finance ACC kepada pelaku diamankan di Mapolsek Cakranegara guna penyidikan lebih lanjut. (azi/gin)

You may be interested

Ini Dia Wujud Nyata Sinergitas TNI – Polri
Binkam
shares3 views
Binkam
shares3 views

Ini Dia Wujud Nyata Sinergitas TNI – Polri

Polres Lotim - Jan 20, 2018

[caption id="attachment_46664" align="alignleft" width="356"] PERSONEL POLRES LOTIM DAN KODIM 1615 SAAT LAKUKAN YASINAN BERSAMA[/caption] Selong – Kemerdekaan yang diproklamirkan oleh…

Menjaga Kamtibmas Tetap Aman, Polsek Lingsar Gelar razia Miras
Umum
shares4 views
Umum
shares4 views

Menjaga Kamtibmas Tetap Aman, Polsek Lingsar Gelar razia Miras

Polres Mataram - Jan 19, 2018

[caption id="attachment_46655" align="aligncenter" width="300"] Kapolsek Lingsar Ipda Erny Anggraeni, S.H turun langsung dalam pelaksanaan razia miras[/caption] Mataram - Demi menjaga…

Kapolda NTB : Kekuatan Polri Ada Pada Masyarakat
Headline
shares7 views
Headline
shares7 views

Kapolda NTB : Kekuatan Polri Ada Pada Masyarakat

spripim ntb - Jan 19, 2018

[caption id="attachment_46650" align="alignnone" width="427"] Kapolda NTB Brigjen Pol Firli, M.Si saat memberikan arahan kepada personil Polda NTB[/caption] Mataram - Hari…

Leave a Comment

Your email address will not be published.