Dengan Berpatroli Dit Sabhara Polda NTB Memelihara Keamanan dan Menjaga Ketertiban Masyarakat

3 Agustus, 2017
77 Views

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Rabu (02/08/2017). Dalam Peraturan Kapolri No. 23 tahun 2007, disebutkan bahwa Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembanunan nasional. Kamtibnas tercapai saat terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum. Patroli sendiri diselenggarakan dengan tujuan, yaitu menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib, dan tentram, serta mewujudkan kesadaran warga masyarakat di lingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan Kamtibnas. Upaya yang pertama adalah pre-emptif, yaitu penanggulangan terhadap fenomena dan situasi yang dapat dikategorikan sebagai faktor korelatif kriminogen, dengan cara mencermati setiap gejala awal, kemudian menemukan penyebab yang potensial. Upaya kedua disebut dengan preventif, yaitu mencegah timbulnya ancaman keamanan melalui kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli.

Oleh karenanya, Ton 2 Ki 1 Subdit Dalmas , Dit Sabhara Polda NTB , yang dipimpin langsung oleh BRIPKA IMBING SUSANTO anggota Ton 2 Ki 1 melaksanakan patroli rutin dengan mengunjungi beberapa tempat yang rawan tindak kejahatan dan sekaligus melaksanakan kegiatan preventif di malam hari.

Diawali berpatroli di seputaran Pasar Bertais. Anggota patroli berdialogis dengan masyarakat. Anggota memberikan pesan-pesan Kamtibmas agar selalu menjaga daerahnya. Sekaligus anggota patroli mengantisipasi aksi premanisme di malam hari. Karena di daerah tersebut sering sekali dijadikan tempat aksi premanisme. Berikutnya anggota patroli bergeser ke Kandang Kumpul yang berada di daerah Lingsar. Anggota patroli berdialogis dengan penjaga kandang kumpul. Anggota patroli melaksanakan penguatan Harkamtibas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) sekaligus memberikan himbauan agar selalu waspada terhadap pencurian hewan ternak mengingat sebentar lagi akan ada hari Raya Qurban (Idul Adha 1438 H).

Anggota Patoli mengantisipasi Aksi Premanisme di malam hari

Anggota Patroli memberikan himbauan kepada Penjaga Kandang Kumpul

Pada saat patroli di seputaran Lingsar Ton 2 Ki 1melihat ada masyarakat yang kendaraanya sedang bermasalah. Selanjutnya anggota patroli membantu masyarakat tersebut guna menghadirkan sosok Polri di tengah-tengah masyarakat,sekaligus memberikan himbauan agar berhati-hati dalam berkendara. Berikutnya anggota patroli melanjutkan ke Mini Market 24 jam. Anggota patroli bedialogis dengan penjaga mini market tersebut guna memberikan himbauan agar selalu waspada terhadap kejahatan di malam hari sekaligus selalu mengaktifkan  CCTV untuk mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan.

Anggota patroli membantu masyarakat yang kendaraanya mengalami masalah

anggota memberikan pesan pesan kamtibmas kepada penjaga mini market 24 Jam

Untuk mengakhiri patroli pada malam hari ini. Anggota patroli melaksanakan Giat revolusi mental di sekitaran  Jalan Lingkar . Anggota patroli memberikan 1 buah sembako Giat Empati Rp.1000 kepada Bapak Muhammad yang berlamat Lombok Tengah. Beliau bekerja sehari-hari sebagai pengepul barang bekas.

anggota patroli memberikan 1 buah sembako

Semoga dengan hadirnya Polri di tengah-tengah masyarakat dapat mencegah tindak kejahatan di malam hari yang dapat mengganggunya Kamtibmas. (L)

 

 

You may be interested

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar
Binkam
shares0 views
Binkam
shares0 views

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar

Polres Lobar - Des 18, 2017

Lembar - Saimah, seorang ibu umur 50 tahun kebingungan mencari anaknya yang menurut kabar pergi diam-diam akan pergi ke Bali…

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis
Umum
shares2 views
Umum
shares2 views

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis

DIT PAMBOVIT - Des 18, 2017

[caption id="attachment_44791" align="alignnone" width="640"] Tim Patroli Dit Pamobvit Polda NTB saat berdialog dengan pengunjung wisata An. Bp Imam di Pantai…

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan

DIT NARKOBA - Des 18, 2017

Mataram - Paur Anev Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Aiptu Syamsudin memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunan Narkoba di Rutan Polda…

Leave a Comment

Your email address will not be published.