Menjadi Pemateri Kuliah, Kapolda NTB Ajak Praja IPDN Tekuni Filosofi Akar

Kapolda NTB saat menyampaikan Materi di IPDN Kampus NTB (29/07)

Praya – Sabtu (29/07), Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) BRIGJEN Pol Drs Firli MSi diminta untuk menjadi narasumber pemberi materi perkuliahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus NTB, Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya.

Metode penyampaian yang dilakukan oleh Kapolda NTB terbilang cukup unik, yaitu dengan cara menganalogikan ke sesuatu yang cukup sederhana agar mudah dipahami dengan baik. Salah satu filosofi yang ingin Jendral Bintang 1 ini tekankan kepada Nindya dan Midya Praja yang hadir dalam kuliah ini adalah “Akar”. Salah satu organ tumbuhan yang sangat penting, tetapi tidak pernah menampakkan diri.

 “Jika Indonesia adalah tumbuhannya maka kita seorang abdi negara adalah akar-akarnya, kita bertugas membuat Indonesia itu tumbuh dengan kokoh. Karena dibalik Tumbuhan tinggi, ada akar yang membuatnya tetap berdiri.” Ujarnya.

Filosofi akar ini beliau tekankan berulang-ulang dengan harapan para calon pemimpin ini dapat menerapkannya dalam menjalankan tugas sebagai seorang abdi negara ketika sudah lulus dari IPDN nanti.

Di akhir materi, Kapolda NTB menutup perkuliahan dengan membacakan sebuah puisi karya pribadinya yang berjudul akar, dalam puisi itu terkandung makna yang dalam mengenai bagaimana sebuah akar yang memiliki peran penting dalam kehidupan tumbuhan namun tak pernah menampakkan diri ke permukaan.

Penulis : Rozian

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close