Dit Binmas Polda NTB Sosialisasikan UU Penanganan Konflik

1 Agustus, 2017
89 Views
    Dir Binmas Polda NTB Kombes Pol Benny Basyir Warmansyah saat foto bersama peserta seminar

Mataram – Konflik selalu identik dengan kejadian yang berdampak negatif seperti pertikaian antar kampung, tawuran antar kelompok hingga teror antar negara, maka pemerintah telah mengatur tata cara penanggulannya dalam UU No. 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial.

Ditemui oleh media Tribratanews NTB di ruang kerjanya, Senin (31/7), Direktur Binmas Polda NTB Kombes Pol Benny Basyir Warmansyah menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi permasalahan tersebut demi menciptakan situasi yang selalu aman dan kondusif di Nusa Tenggara Barat.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan memberikan kajian materi tentang tata cara penangangan konflik kepada masyarakat.

“Sabtu kemarin (29/7) telah dilaksanakan kegiatan seminar dengan mengundang beberapa elemen dalam masyarakat seperti para pemuda, mahasiswa hingga ormas untuk diberikan kajian tentang penanganan konflik,” ujar Kombes Pol Benny.

Seminar yang bertemakan “Dalam Rangka Tingkatkan Partisipasi Pemuda, Mahasiswa dan Ormas sebagai Solusi Pencegahan dan Penghentian Konflik Sosial di Nusa Tenggara Barat” yang bertempat di Kantor PGRI Prov. NTB tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama antara Polri dan Masyarakat dalam menjaga kehidupan bermasyarakat yang harmonis tanpa konflik.

Dir Binmas mengungkapkan bahwa potensi konflik dapat dimanfaatkan sebagai suatu hal yang positif, maka Polri perlu untuk bekerjasama dengan masyarakat dalam mengelola potensi tersebut menjadi ajang pertumbuhan dan inovasi, dengan tidak mengedepankan aspek emosional dalam perbedaan pendapat.

“Tidak ada orang yang melihat dunia dengan sudut pandang yang sepenuhnya sama, dengan cara berpikir baru yang mengedepankan budaya toleransi dalam menyikapi perbedaan. Maka konflik akan mudah untuk dihindari, sehingga kedepannya, Polri yang dalam tugasnya melindungi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal,” jelas Dir Binmas.

“Dengan demikian penanganan terhadap konflik sosial dapat terlaksana dengan lebih komprehensif, terkoordinasi dan terintegrasi,” imbuhnya. (azi/gin)

You may be interested

Polisi Amankan 12 Juru Parkir Liar
Binkam
shares4 views
Binkam
shares4 views

Polisi Amankan 12 Juru Parkir Liar

Polres Mataram - Des 19, 2017

Mataram - Kerap terjadi parkir liar dan tukang parkir yang tidak memiliki izin, Pihak kepolisian Polres Mataram melakukan razia pada…

Miris Anak Usia 15 Tahun, Terciduk Saat Transaksi Narkoba
Headline
shares4 views
Headline
shares4 views

Miris Anak Usia 15 Tahun, Terciduk Saat Transaksi Narkoba

Polres Mataram - Des 19, 2017

Mataram - Bhabinkamtibmas dan masyarakat mengamankan tiga orang yang sedang elakukan transaksi narkoba pada hari Minggu (17/12). "Ketiga orang tersebut…

Berusaha Kabur, Pelaku Curat Berhasil Diringkus
Reskrim
shares6 views
Reskrim
shares6 views

Berusaha Kabur, Pelaku Curat Berhasil Diringkus

Polres Mataram - Des 19, 2017

Mataram - Team Opsnal Unit Reserse Kriminal Polsek Narmada berhasil meringkus pelaku curat pada hari ini Senin (18/12). "Pelaku berusaha…

Leave a Comment

Your email address will not be published.