Dit Binmas Polda NTB Sosialisasikan UU Penanganan Konflik

1 Agustus, 2017
65 Views
    Dir Binmas Polda NTB Kombes Pol Benny Basyir Warmansyah saat foto bersama peserta seminar

Mataram – Konflik selalu identik dengan kejadian yang berdampak negatif seperti pertikaian antar kampung, tawuran antar kelompok hingga teror antar negara, maka pemerintah telah mengatur tata cara penanggulannya dalam UU No. 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial.

Ditemui oleh media Tribratanews NTB di ruang kerjanya, Senin (31/7), Direktur Binmas Polda NTB Kombes Pol Benny Basyir Warmansyah menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi permasalahan tersebut demi menciptakan situasi yang selalu aman dan kondusif di Nusa Tenggara Barat.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan memberikan kajian materi tentang tata cara penangangan konflik kepada masyarakat.

“Sabtu kemarin (29/7) telah dilaksanakan kegiatan seminar dengan mengundang beberapa elemen dalam masyarakat seperti para pemuda, mahasiswa hingga ormas untuk diberikan kajian tentang penanganan konflik,” ujar Kombes Pol Benny.

Seminar yang bertemakan “Dalam Rangka Tingkatkan Partisipasi Pemuda, Mahasiswa dan Ormas sebagai Solusi Pencegahan dan Penghentian Konflik Sosial di Nusa Tenggara Barat” yang bertempat di Kantor PGRI Prov. NTB tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama antara Polri dan Masyarakat dalam menjaga kehidupan bermasyarakat yang harmonis tanpa konflik.

Dir Binmas mengungkapkan bahwa potensi konflik dapat dimanfaatkan sebagai suatu hal yang positif, maka Polri perlu untuk bekerjasama dengan masyarakat dalam mengelola potensi tersebut menjadi ajang pertumbuhan dan inovasi, dengan tidak mengedepankan aspek emosional dalam perbedaan pendapat.

“Tidak ada orang yang melihat dunia dengan sudut pandang yang sepenuhnya sama, dengan cara berpikir baru yang mengedepankan budaya toleransi dalam menyikapi perbedaan. Maka konflik akan mudah untuk dihindari, sehingga kedepannya, Polri yang dalam tugasnya melindungi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal,” jelas Dir Binmas.

“Dengan demikian penanganan terhadap konflik sosial dapat terlaksana dengan lebih komprehensif, terkoordinasi dan terintegrasi,” imbuhnya. (azi/gin)

You may be interested

Tegakkan Aturan, SPN Polda NTB Terpaksa Pulangkan 1 Siswanya
Headline
shares5 views
Headline
shares5 views

Tegakkan Aturan, SPN Polda NTB Terpaksa Pulangkan 1 Siswanya

SPN Belanting - Okt 21, 2017

Belanting-Sekolah Polisi Negara Polda NTB, pagi tadi sekitar pukul 09.00 Wita mengembalikan salah satu siswa didikannya a.n. MUHAMMAD RIDHO SAHPUTRA…

Tekan Angka Lakalantas Anak di Bawah Umur,Siswa di jemput Bus Polisi
Binkam
shares5 views
Binkam
shares5 views

Tekan Angka Lakalantas Anak di Bawah Umur,Siswa di jemput Bus Polisi

Polres Kab Sumbawa Barat - Okt 21, 2017

Taliwang-Kecelakaan lalu lintas adalah salah satu penyumbang angka kematian terbesar di dunia,hal ini tidak mungkin bisa di hindari karena semakin…

Tunjukan Kebersamaan dan Kekompakan, TNI – Polri di Dompu Gelar Olah Raga Bersama
Binkam
shares7 views
Binkam
shares7 views

Tunjukan Kebersamaan dan Kekompakan, TNI – Polri di Dompu Gelar Olah Raga Bersama

Polres Dompu - Okt 21, 2017

[caption id="attachment_41580" align="alignnone" width="300"] Tampak Kapolres Dompu dan Dandim 1614/Dompu memandu olah raga bersama[/caption] Dompu - Guna menjaga keutuhan dan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.