Cegah Pungli dengan Sosialisasi, Dit Binmas Polda NTB Antisipasi Kasus Prona

18 Agustus, 2017
69 Views

AKBP zamroni saat memberikan materi sosialisasi saber pungli

Mataram – Gerakan untuk memberantas pungutan liar di Provinsi Nusa Tenggara Barat masih terus dilakukan oleh Tim Saber Pungli Prov. NTB Unit Pencegahan dengan cara melakukan sosialisai ke Instansi atau Lembaga khususnya yang membidangi fungsi pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Hari ini, Rabu (26/7) Dit Binmas Polda NTB selaku unit pencegahan melaksanakan kegiatan sosialisasi di Kantor BPN Kabupaten Lombok Utara yang dihadiri oleh Kepala BPN KLU beserta para staf.

Selaku Penyaji materi, AKBP H. Zamroni, S.Ag menyampaikan bahwa pengurusan sertifikat tanah melalui Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria) menjadi penyumbang utama terhadap kasus pungutan liar (pungli) di NTB. 60 persen dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Saber Pungli adalah kasus Prona.

“Kasus OTT yang paling banyak terjadi di NTB sementara ini adalah pungutan pada yang mengurus Prona, sekitar 60 persen kasus yang ditangani,” ujar AKBP Zamroni.

Dia menyampaikan bahwa kasus tersebut bisa terus meningkat jika tidak ada kesadaran dari pemberi maupun penerima pungli, dan tidak ada toleransi, dalam penindakan akan diberikan sanksi yang tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Pungli itu melibatkan pemberi dan penerima, terutama sebagai penyelenggara negara, sanksi tetap diberikan sesuai ketentuan hukum, namun ya namanya OTT, tentu mereka yang menerima yang kita utamakan untuk ditindak,” tandasnya.

Dirinya menambahkan, Tim Saber Pungli dalam bidang pencegahan memang ditugaskan untuk melakukan sosialisasi pada kantor kedinasan namun tidak menutup kemungkinan akan diberikan wewenang untuk melakukan penindakan.

“Unit Pencegahan terus melakukan upaya-upayanya dengan memberikan sosialisasi, memberikan peringatan agar dapat dipahami tentang larangan melakukan pungli, sehingga bila perlu, diberikan wewenang untuk dapat melakukan penindakan supaya kasus-kasus seperti ini bisa dihilangkan,” pungkasnya. (azi/gin)

You may be interested

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar
Binkam
shares0 views
Binkam
shares0 views

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar

Polres Lobar - Des 18, 2017

Lembar - Saimah, seorang ibu umur 50 tahun kebingungan mencari anaknya yang menurut kabar pergi diam-diam akan pergi ke Bali…

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis
Umum
shares2 views
Umum
shares2 views

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis

DIT PAMBOVIT - Des 18, 2017

[caption id="attachment_44791" align="alignnone" width="640"] Tim Patroli Dit Pamobvit Polda NTB saat berdialog dengan pengunjung wisata An. Bp Imam di Pantai…

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan

DIT NARKOBA - Des 18, 2017

Mataram - Paur Anev Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Aiptu Syamsudin memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunan Narkoba di Rutan Polda…

Leave a Comment

Your email address will not be published.