Dit Sabhara Polda NTB Melaksanakan Latihan Raimas dan Menembak Guna Meningkatkan Kemampuan

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Senin (24/Juli/2017). Kepolisian Negara Republik Indonesia yang selanjutnya disingkat Polri adalah alat Negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri. Sabhara adalah salah satu fungsi yang merupakan bagian dari fungsi-fungsi yang ada di Polri. Tindakan Kepolisian adalah upaya paksa dan / atau tindakan lain yang dilakukan secara bertanggung jawab menurut hukum yang berlaku untuk mencegah, menghambat, atau menghentikan anarki atau pelaku kejahatan lainnya yang mengancam keselamatan, atau membahayakan jiwa raga, harta benda atau kehormatan kesusilaan, guna mewujudkan tertib dan tegaknya hukum serta terbinanya ketenteraman masyarakat. Peleton Pengurai Massa yang selanjutnya disingkat Tonraimas adalah Peleton Sabhara yang bertugas mengurai / membubarkan / menceraiberaikan dan melokalisir massa yang melakukan tidakan anarki sehingga mengganggu Kamtibmas berfungsi sebagai kekuatan penindak tahap awal dan berperan sebagai stabilisator anarki. Kendaraan Pengurai Massa yang selanjutnya disingkat Ranraimas adalah kendaraan roda dua (sepeda motor) yang digunakan sebagai sarana pendukung operasional untuk melaksanakan tugas mengurai / membubarkan / menceraiberaikan dan melokalisir kekuatan massa yang mengganggu Kamtibmas. Mengurai massa adalah tindakan kepolisian untuk memecah dan melemahkan konsentrasi serta kekuatan massa menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil.

Pengarahan dari AKBP.Purnama.S.Ik selaku Wadir Sabhara Polda NTB sebelum pelaksanaan Latihan

Menembak Penggunaan senjata api diatur dalam Pasal 47 Perkapolri 8/2009. Pasal 1 Penggunaan senjata api hanya boleh digunakan bila benar-benar diperuntukkan untuk melindungi nyawa manusia.Dalam Pasal 2 diatur soal penggunaan senjata api oleh petugas. Senjata api hanya boleh digunakan untuk:

  1. Dalam hal menghadapi keadaan luar biasa.
  2. Membela diri dari ancaman kematian dan/atau luka berat.
  3. Membela orang lain terhadap ancaman kematian dan/atau luka berat.
  4. Mencegah terjadinya kejahatan berat atau yang mengancam jiwa orang.
  5. Menahan, mencegah atau menghentikan seseorang yang sedang atau akan melakukan tindakan yang sangat membahayakan jiwa.
  6. Menangani situasi yang membahayakan jiwa, dimana langkah-langkah yang lebih lunak tidak cukup.

Anggota Dit Sabhara Polda NTB Melaksanakan Latihan Pengurai Massa (Raimas) dan melaksanakan latihan menembak di Mako Sat Brimobda Polda NTB guna meningkatkan kemampuan , Profesional, dan Fungsi Sabhara. Anggota Dit Sabhara Polda NTB rutin melaksanakan pelatihan Pengurai Massa (Raimas) dan menembak guna meningkatkan kemampuan antisipasi perkelahian antar massa. Dalam satuan Sabhara selain terdapat Pleton Pengendalian Massa (Dalmas) juga terdapat Pleton Pengurai Massa (Raimas). Selain itu dalam petihan tersebut, para personel Sabhara Menggunakan kendaraan Kawasaki KLX 250cc, senjata penembak gas air mata (flass ball) dan Senjata SS1. Dalam latihan tersebut satuan Sabhara Dit Sabhara Polda NTB berlatih dengan berbagai macam formasi. Pasukan Pengurai Massa anggota Satuan Dit Sabhara Polda NTB ini siap untuk memecahbelahkan kekuatan massa yang melakukan unjuk rasa secara anarkis. Pada saat latihan menembak turut serta Para Polwan melaksanakan latihan guna mengasah kemampuan para polwan yang ada di Polda NTB.

Anggota Dit Sabhara Polda NTB melaksnakan Latihan Raimas
mendengarkan arahan dari perwira Brimob sekaligus pengenalan Senjata
anggota polwan Dit Sabhara Polda NTB melaksakan Latihan menembak

 

Semoga dengan adanya latihan ini Para Anggota Polri yang lebih khususnya anggota Dit Sabhara Polda NTB dapat meningkatkan kemampuan dengan selalu berlatih. (L)

“Tidak Ada Pasukan Yang Terlatih, Tetapi Yang Ada Pasukan Yang Terus Berlatih !!!”

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close