Tingkatkan Kemampuan Operasional, Dit Sabhara Polda NTB Gelar Pelatihan Raimas

Personil Subdit Dalmas Dit Sabhara Polda NTB saat melaksanakan pelatihan raimas

Mataram – Tuntutan tugas dan aplikasi tindakan kepolisian di lapangan kian kompleks, mulai dari mengamankan unjuk rasa, kerusuhan, konflik antar kelompok masyarakat hingga ancaman serangan teroris menuntut personil Polri meningkatakan kemampuannya dalam memberikan perlindungan dan mengupayakan keamanan kepada masyarakat.

Untuk itu Dit Sabhara Polda NTB menggelar pelatihan Raimas atau Pengurai Massa untuk meningkatkan kemampuan personilnya dalam memecah gabungan massa saat terjadi demonstrasi yang anarkis dengan menggunakan motor trail Polri dan tembakan Flashball maupun menggunakan senjata V2 atau SS1 beramunisi peluru karet.

Saat diwawancara oleh Media Tribaratanews NTB, Wadir Sabhara Polda NTB AKBP Purnama menjelaskan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari,yakni hari ini (24/7) bertempat di Lapangan Gajah Mada Polda NTB dan besok Selasa (25/7) di Lapangan Tembak Mako SatBrimobda NTB.

“Hari ini kita latih tata cara membuat Formasi Raimas dan langkah-langkah dalam mengurai massa baik saat terjadi anarkis dalam demonstrasi maupun saat terjadi konflik antar kelompok dengan menggunakan Flashball dan besok Selasa di Mako Brimob Polda NTB kita latih personil Dit Sabhara Polda NTB menggunakan senjata beramunisi peluru karet maupun tajam,” ujar AKBP Purnama.

Dia mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun agar anggotanya tetap mahir dalam melakukan kegiatan opersional di lapangan apalagi di tengah serangan teroris yang terjadi belakangan ini.

“Kegiatan ini rutin kami laksanakan tiap tahun, agar anggota kami tetap mahir dalam melakukan berbagai kegiatan operasional untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada masyarakat, apalagi serangan teroris yang terjadi belakangan ini, jadi personil kami siap untuk melindungi sesama rekan kerjanya yang sedang bertugas di lapangan,” tandasnya. (azi/gin)⁠⁠⁠⁠

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close