Deradikalisasi Program Polda NTB Perbaiki dan Cegah Paham Radikal Masuk di Lombok Timur

Mataram – Cegah lahir dan berkembangnya paham radikalisme untuk wilayah Keruak Lombok Timur, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit. Binmas) Polda NTB lakukan penyuluhan di Aula Kantor Camat Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Selasa (18/7).

Menurut Kasubbagmin Opsnal Bag. Bin. Opsnal Dit. Binmas Polda NTB Kompol R. Sudjoko Aman, S. Sos, kegiatan yang telah dilakukannya itu merupakan salah satu program yang masih menjadi program Polda NTB untuk memperbaiki dan menangkal paham-paham radikal yang bisa mempengaruhi untuk mentransfer suatu idiologi, faham terhadap pola fikir seseorang dalam memandang suatu ajaran pemahaman atau deradikalisasi.

“Yang dimaksud dengan Radikalisme adalah suatu paham, keyakinan dan aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan, dratis dan ekstrim, namun apabila suatu daerah terbilang sudah terpapar gerakan Radikalisme, beberapa upaya seperti menderadikalisasi kita lakukan,”paparnya kepada media Senin (24/7).

Ditambahkan, beberapa ciri-ciri pokok paham radikal dan Anti Pancasila sudah masuk disuatu wilayah dan merasuki masyarakatnya, seperti, mengharamkan sesuatu pada diri dan orang lain, menganggap orang lain sebagai pokok jahilliah, menuduh pokok lain yang tidak sejalan dan melecehkannya, selalu memisahkan diri dengan pokok mayoritas, tidak mau berpartisipasi dan tidak mengakui terhadap pemerintah yang syah, mereka melakukan interpretasi dalil, ayat agama sesuai ideologinya, mereka bisa saja memotong ayat dan hadis untuk mengambil dasar pembenaran.

“Upayanya ya, salah satunya dengan menderadikalisasi dan tetap berikan penyuluhan,” tambahnya.

“Harapannya, di masyarakat nantinya akan timbul sikap dan perilaku menjunjung tinggi nilai-nilai Keadilan Sosial, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang sesuai dengan sifat Pancasila sebagai idiologi akan mengarah pada terwujudnya kesejahteraan lahir dan bathin yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close