Ketua Saber Pungli NTB Sebut, Urusan Prona Jadi Temuan Pungli Terbanyak

Ketua Tim Saber Pungli Wilayah NTB, Kombes Pol. Drs. Ismail Bafadal

Mataram – Disampaikan Ketua Tim Saber Pungli Wilayah NTB, Kombes Pol. Drs. Ismail Bafadal, penilaian terbanyak kasus pungli yang terjadi di wilayah NTB untuk sementara masih adanya pungli dalam pengurusan sertifikat tanah Prona.

“Kasus OTT yang paling banyak terjadi di NTB sementara ini, kasus di sekitar pungutan kepada mereka yang mengurus Prona, sekitar 60% dari kasus yang ditangani adalah kasus kasus Prona,” tutur Kombes Pol. Drs. Ismail Bafadal, Kamis (20/7) kemarin di Golden Palace.

Menurutnya, kasus prona ini akan terus berkembang dan tetap akan terjadi apabila kesadaran pemberi dan penerima pungli belum ditumbuhkan. Untuk pencegahan dari tim saber pungli NTB akan berupaya melakakan beberapa sosialisasi khusus pungli disetiap instasnsi pemerintahan, namun tak menutup kemungkinan akan penindakan.

“Informasi yang kami trima ini masih terus terjadi dan kami akan terus melakukan upaya-upaya pencegahan, upaya untuk melakukan, ya kalau perlu penindakan seperti itu, sehingga kasus-kasus jenis ini bisa kita kita hilangkan,” lugasnya.

Ketua tim yang juga menjabat sebagai Irwasda di Polda NTB ini menambahkan, terhadap terduga pemain kasus pungli yang melibatkan penerima dan pemberi, akan diberikan sanksi yang tegas sesuai aturan yang berlaku.

“Pungli itu melibatkan keduanya, mereka yang memberikan, mereka menerima, terutama sebagai penyelenggara negara pegawai negeri, itu tetap digunakan sesuai ketentuan hukum, jadi ada ketentuannya pemberi dan penerima dua-duanya kena, tapi namanya OTT tentu mereka yang menerima itulah yang kita kita upayakan untuk terbukti,” tandasnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close