Wakil Sekretaris Saber Pungli : Pada Satu Titik Pungli Nanti Bisa Hilang

20 Juli, 2017
88 Views

Wakil Sekretaris Satgas Operasi Pemberantasan Pungutan Liar (OPP) Irjen Pol. Drs. M. Ghufron, MM, M.Si

Mataram – Berkunjung ke NTB, Wakil Sekretaris Satgas Operasi Pemberantasan Pungutan Liar (OPP) Irjen Pol. Drs. M. Ghufron, MM, M.Si, menegaskan, pada nantinya di suatu titik tertentu, pungli akan hilang dengan sendirinya, apabila ada diantara dua belah pihak bersepakat untuk tidak mengambil kesempatan dalam melakukan pungli.

“Ada satu timbal balik, dimana bila sistem di pelayanan publik juga belum belum maksimal nanti di masyarakat juga belum terbangun budaya anti pungli, kalau dua-duanya ini dibangun nanti pada satu titik pungli bisa hilang,” ungkapnya usai kegiatan Sosialisasi Peraturan Presiden No. 87 tahun 2016, tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, di Mataram, Kamis (20/7).

Mantan Kapolda Bengkulu ini juga menjelaskan, banyak pelaporan yang ia terima, banyak juga tindakan seperti OTT yang dilakukan, namun menurutnya itu semua hanya langkah terakhir untuk pemberantasan korupsi, karena akan lebih efektifnya bila bisa bersama membangun masyarakat akan kesadaran untuk menghindari praktek pungli di sekitarnya.

“Sekarang yang dibutuhkan itu tentunya kita ini tidak tidak hanya sekedar menindak, jadi membangun masyarakat supaya masyarakat ini bisa ikut supaya tidak ada pungli lagi di sekitarnya,” jelasnya.

Privinsi NTB yang menjadi pertamakali mendapatkan Sosialisasi Peraturan Presiden No. 87 tahun 2016, tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar oleh tim, Wakil Sekretaris berharap, NTB yang tingkat pariwisatanya berkembang pesat bisa bersih dari pungli, karena itu dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

“Harapannya sama jadi bisa terbangun satu masyarakat anti pungli di sini, sehingga nanti pungli itu bisa hilang dengan sendirinya, jadi pelayanan publik makin bagus, pungli nya hilang, ya udah kalau pungli tidak ada, ini ya kehidupan bermasyarakat akan semakin bagus dan mungkin akan bisa merangsang tumbuhnya ekonomi,” tandasnya. (yos)

You may be interested

Polsek Lambu Berhasil Membubarkan Perjudian Sabung Ayam Di Tiga Tempat
Reskrim
shares5 views
Reskrim
shares5 views

Polsek Lambu Berhasil Membubarkan Perjudian Sabung Ayam Di Tiga Tempat

Polres Bima Kota - Okt 16, 2017

[caption id="attachment_41288" align="alignleft" width="334"] Kapolsek Lambu Beserta anggota saat membubarkan perjudian sabung ayam[/caption] Bima Kota – Tidak henti-hetinya polisi memberantas…

Laporan Kapolres, Polda NTB Dapat Respon Baik Dari Masyarakat
Binkam
shares5 views
Binkam
shares5 views

Laporan Kapolres, Polda NTB Dapat Respon Baik Dari Masyarakat

adminpolda 2 - Okt 16, 2017

[caption id="attachment_37394" align="alignnone" width="600"] mako polda ntb[/caption] Mataram - Respon masyarakat terhadap kinerja Polda NTB menurut Wakapolda NTB Kombes Pol.…

Gelar Operasi Antik, Hari Pertama Polres Sumbawa Ringkus Pengedar Narkoba
Umum
shares9 views
Umum
shares9 views

Gelar Operasi Antik, Hari Pertama Polres Sumbawa Ringkus Pengedar Narkoba

Polres Sumbawa - Okt 16, 2017

Sumbawa Besar -  Operasi Antik Gatarin 2017 telah dimulai tepatnya pada pukul 00.00 Wita pergantian waktu tadi (16/10). Operasi dengan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.