Siap Hadapi Bencana, Lebih Dari 70 Anggota Dit Sabhara Laksanakan Latihan SAR

Mataram – Puluhan personel Direktorat Sabhara Polda NTB yang terdiri dari Subdit Dalmas, Subdit Gasum dan Unit Satwa melakukan serangkaian kesiapan dalam menghadapi bencana alam, salah satunya dengan melakukan latihan SAR terbatas yang  dilaksanakan di pantai Loang Balok pagi tadi.

Beberapa latihan yang dilaksanakan antara lain adalah pengenalan dasar alat – alat SAR beserta fungsinya, bongkar pasang perahu boat, praktek di air  mengenai teknik penyelamatan korban di air/tenggelam dan praktek teknik turun ke air dalam serta proses evakuasi.

Saat pembukaan pelatihan SAR (search and rescue) Direktur Sabhara Polda NTB Kombes Pol Harries Budiharto, S.I.K., M.Si. mengatakan pihaknya saat ini melatih kemampuan skill personelnya dalam hal penanggulangan bencana alam. Hal ini perlu dilakukan agar anggota lebih sigap dan mampu mengoperasikan peralatan – peralatan saat pelaksanaan tugas dilapangan. Rabu (19/7)

“Latihan ini dilaksanakan sebagai upaya kesiapan personel Polri khususnya Sabhara, karena Sabhara banyak mempunyai kemampuan, salah satu yang dimiliki adalah kemampuan penyelamatan SAR (search and rescue), selain itu untuk perwira maupun instruktur juga melatihkan cara mengoperasionalkan peralatan SAR kepada anggota agar lebih siap dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” ujar Dir Sabhara

“Diharapkan anggota serius dalam melaksanakan pelatihan sehingga lebih mengerti dan agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan” tambah Dir Sabhara.(Ips)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close