Dit Sabhara Polda NTB Meminimalisir Tindak Kriminal dan Revolusi Mental

18 Juli, 2017
77 Views

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Selasa (18/07/2017). Kegiatan patroli adalah kegiatan sehari-hari bagi anggota Polri yang berdinas di Dit Sabhara termasuk anggota Dalmas Polda NTB yang merupakan ’’The Police Backbone’’, kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat sangatlah diperlukan terlebih hadirnya mobil patroli dan lampu rotator berwarna biru yang menyala akan berdampak pada Kamtibmas di wilayahnya. Masyarakat akan merasa aman dan ruang gerak para pelaku kejahatan juga akan semakin dibatasi karena kehadiran patroli tersebut. Kegiatan Patroli tersebut sering juga diisi dengan patroli Dialogis dengan warga masyarakat yang dijumpai, hal ini selain ingin menujukan sikap humanis seorang anggota Polri namun juga di maksud untuk mendapatkan informasi dari masyarakat tentang kerawanan-kerawanan yang timbul di daerahnya. Patroli tidak hanya di daerah kota saja di lakukan tetapi hingga kepelosok desa.

Untuk menanggapi hal diatas, Patroli Dit Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas Ton 2 Ki 1 melaksanakan patroli rutin yang dipimpin oleh Bripka Imbing Susanto. Diawali berpatroli di sepanjang Jalan Pejanggik. Anggota patroli melaksanakan pengaturan di depan SMPN 1 Mataram. Anggota melaksanakan pengutaran guna mengurai kemacetan yang ada di depan sekolah tersebut. Menggingat para penjemput menghabiskan bahu jalan. Berikutnya anggota patroli bergeser ke Daerah pasar Bertais. Anggota patroli melaksanakan patroli dialogis dengan para Konsumen dan Tukang Parkir di daerah tersebut. Anggota patroli memberikan himbauan agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadat tindak kejahatan yang ada di pasar. Terlebih lagi kendaraan roda 2 yang tidak mengunci ganda kendaraannya. Jika tidak mengunci ganda kendaraanya,para pelaku tindak criminal dengan leluasa melakukan aksinya. Menuju kearah timur anggota patroli melaksanakan patroli dialogis di depan Kantor PT.Narmada. Anggota patroli berdialogis dengan Security/Satpam,anggota patroli memberikan pesan-pesan kamtibmas sekaligus selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman-ancaman yang membahayakan objek vital tersebut.

anggota patroli melaksanakan pengaturan di depan SMPN 1 Mataram

anggota patroli memberikan himbauan kepada pembeli di Pasar Bertais

anggota patroli memberikan himbauan kepada tukang parkir di Pasar Bertais

anggota patroli memberikan himbauan kepada Securtiy PT Narmada

Selanjunya anggota patroli bergeser ke Pelabuhan Lembar. Anggota patroli berdialogis dengan supir truk yang akan menyebrang. Anggota patroli memberikan himbauan agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan , sekaligus anggota patroli melakukan pencegahan Premanisme di seputan pelabuhan. Dan tidak itu saja anggota patroli berkolaborasi bersama anggota Polres Lombok Barat,TNI AL dan ASDP. Anggota patroli berdialogis sekaligus menarik informasi tentang penumpukan kendaraan yang ada di Pelabuhan Lembar. Penumpukan yang terjadi di karenakan Dermaga 1 yang ada di Pelabuhan Padang Bai sedang mengalami kerusakan dan sedang mengalami proses perbaikian.

anggota patroli berdialogis dengan Supir Truk

anggota Patroli Berkolaborasi dengan Instansi terkait Di Pelabuhan Lembar

Pada saat patroli,anggota melaksanakan beberapa kegiatan Empati Rp.1000 Polda NTB. Anggota patroli memberikan 1 buah sembako kepada Ibu Kendun yang beralamat Banyu Urip,Tempos,Gerung. Beliau berumur 80 Tahun dan beliau seorang janda tua. Sembako berikutnya diberikan kepada Ibu Sainun. Beliau berumur 81 Tahun dan beralamat Suranadi. Beliau bekerja mengumpulkan sisa-sisa padi yang berada di sawah.

anggota patroli memberikan sembako kepada Ibu Kendun

anggota patroli memberikan sembako kepada Ibu Sainun

Diakhir pelakasanaan tugas dalam apel Konsolidasi Bripka Imbing Susanto berpesan “Hal terpenting yang harus di pahami, bahwa Polri harus  selalu terdepan sebagai pelayan,pelindung dan pengayom masyarakat serta sahabat bagi masyarakat yang menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif ”. (M)

 

 

 

 

You may be interested

Polsek Lambu Berhasil Membubarkan Perjudian Sabung Ayam Di Tiga Tempat
Reskrim
shares5 views
Reskrim
shares5 views

Polsek Lambu Berhasil Membubarkan Perjudian Sabung Ayam Di Tiga Tempat

Polres Bima Kota - Okt 16, 2017

[caption id="attachment_41288" align="alignleft" width="334"] Kapolsek Lambu Beserta anggota saat membubarkan perjudian sabung ayam[/caption] Bima Kota – Tidak henti-hetinya polisi memberantas…

Laporan Kapolres, Polda NTB Dapat Respon Baik Dari Masyarakat
Binkam
shares5 views
Binkam
shares5 views

Laporan Kapolres, Polda NTB Dapat Respon Baik Dari Masyarakat

adminpolda 2 - Okt 16, 2017

[caption id="attachment_37394" align="alignnone" width="600"] mako polda ntb[/caption] Mataram - Respon masyarakat terhadap kinerja Polda NTB menurut Wakapolda NTB Kombes Pol.…

Gelar Operasi Antik, Hari Pertama Polres Sumbawa Ringkus Pengedar Narkoba
Umum
shares9 views
Umum
shares9 views

Gelar Operasi Antik, Hari Pertama Polres Sumbawa Ringkus Pengedar Narkoba

Polres Sumbawa - Okt 16, 2017

Sumbawa Besar -  Operasi Antik Gatarin 2017 telah dimulai tepatnya pada pukul 00.00 Wita pergantian waktu tadi (16/10). Operasi dengan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.