Siapkan 1000 Personil Jelang Lebaran, Dirlantas Polda NTB Berlakukan Sistem Buka Tutup Jalan di Senggigi

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Budi Indra Dermawan, SIK,MM

Mataram – Puncak arus mudik menjelang lebaran akan sangat terlihat di sekitaran objek wisata. Karena disitulah menjadi titik point untuk tempat berkumpul bersana sanak keluarga. Oleh karena itu, Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Budi Indra Dermawan memberlakukan sistem buka tutup jalan di wilayah wisata Senggigi. Sekitar 1000 personil telah disiapkan dalam sistem buka tutup jalan di Senggigi. Tujuannya untuk menghindari kemacetan parah saat arus balik pengunjung ke destinasi wisata andalan NTB itu.

Kombes Pol Budi Indra Dermawan selaku Dirlantas Polda NTB saat ditemui oleh media, Kamis (22/6) menjelaskan bahwa jalur menuju kawasan wisata Senggigi Lombok Barat dipastikan ruas paling ramai saat Idul Fitri dan Lebaran Topat nantinya.

“Sebagai bentuk antisipasi adanya kemacetan di wilayah wisata Senggigi pada saat arus balik nanti, maka kami membuat kebijakan akan menutup akses kendaraan menuju ke Senggigi,” jelasnya.

Dalam sistem buka tutup ruas jalan tersebut, telah dibagi beberapa wilayah yang menjadi prioritas utama dari Dirlantas Polda NTB untuk memperlancar arus balik dari pengunjung pantai Senggigi.

“Penutupan jalur ke senggigi akan dimulai di simpang empat Kebon Roek Ampenan. Beberapa kilo dari jalur itu, akan ditutup juga di simpang Gunung tiga Seteluk. Sehingga tidak ada kendaraan dari Mataram,  Lombok Barat, maupun daerah lain yang akan masuk,” imbuh Budi Indra.

Ia menambahkan bahwa penutupan akan dilakukan sore hari pada saat hari H Idul Fitri dan hari H lebaran Topat.

“Penutupan akan kita lakukan  mulai jam 5 sore, sampai beberapa jam,” kata Dir Lantas.

Selain itu, pengamanan akan melibatkan gabungan dari beberapa polres untuk membantu pengaturan arus lalu lintas.

“Ada tiga Polres yang terlibat. Diantaranya adalah, Polres Mataram, Polres Lombok Barat dan sebagian oleh Polres Lombok Utara. Kebijakan ini setelah melalui survey Dir Lantas Bersama Kabag Ops dan Kasat Lantas  tiga polres tersebut,” paparnya.

Dir Lantas berharap masyarakat mengerti dengan kebijakan buka tutup jalur tersebut, demi  kelancaran arus lalulintas dan mencegah kemacetan yang parah. (yos/cle)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close